HUT Pramuka ke 59, Camat Lingga Resmikan Sekretariat Kwarran Lingga - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

HUT Pramuka ke 59, Camat Lingga Resmikan Sekretariat Kwarran Lingga

 

 

LINGGA, Infokepri.com - Camat Lingga, Yulius meresmikan kantor sekretariat Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Lingga yang bertempat di Jalan Masjid Sultan, Jum'at (14/08/2020). 

Peresmian yang disejalankan dengan peringatan HUT Pramuka ke 59 tahun 2020 ini, ditandai dengan doa bersama dan pemotongan pita. 

Camat Lingga sekaligus menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) pada peresmian tersebut mengaku sangat mendukung bahkan mengapresiasi terbentuknya sekretariat untuk pengurus pramuka di Kecamatan Lingga. 

Berdirinya sekretariat ini merupakan upaya bersama baik sekolah, pemerintah maupun pihak terkait lainnya untuk menggiatkan kegiatan kepramukaan. 

Pramuka adalah salah satu organisasi yang menjadi wadah pengembangan potensi diri. Maka dari itu, Yulius berharap dalam prosesnya nanti pramuka-pramuka di Kecamatan Lingga dapat lebih produktif untuk berpartisipasi dalam even-even kepramukaan, baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat nasional. 

"Semoga dengan adanya sekretariat ini, menjadi semangat baru untuk kepramukaan di kecamatan Lingga. Kemudian lebih tertata dalam urusan administrasi," kata Yulius. 

Hal yang sama juga diutarakan Ketua Korwil Pendidikan Kecamatan Lingga dan Lingga Timur, Rodiansjah. Kehadiran kesekretariatan, penting menurutnya, kerena pendidikan kepramukaan saat ini sudah masuk ekstrakurikuler wajib pada kurikulum pendidikan, yang tujuannya menghidupkan dan menggerakkan kembali semangat perjuangan yang dijiwai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat sebagaimana dimuat dalam undang-undang Nomor 12 Tahun 2010.

"Secara keseluruhan saya mendukung, karena memang hadirnya sekretariat ini sangat membantu nantinya pada kegiatan-kegiatan kepramukaan di Kecamatan Lingga. Mudah-mudahan Pramuka di Kecamatan Lingga lebih bisa berkarya kedepannya," papar dia. 

Mewakili Ketua, Wakil Ketua Kwarran Lingga, Sulaiman S.Pd mengakui sejak 2014 terbentuk Kwarran Lingga, hingga ditahun 2020 ini baru memiliki sekretariat. 

"Ini merupakan mimpi lama kami, dan Alhamdulillah hari terwujud. Kami resmikan secara bersamaan dengan HUT Pramuka ke 59," kata Kepala Sekolah SD Negeri 002 Lingga ini. 

Dengan begitu, adanya kantor ini akan sangat memudahkan urusan kepramukaan di Kecamatan Lingga. Salah satunya, sebagai tempat bertanya dan penyampaian administrasi bulanan bagi gugus depan. 

Selain itu, dia turut mengucapkan terima kasih atas partisipasi banyak pihak yang turut membantu berdirinya sekretariat Kwaran Lingga. Terutama pihak Yayasan Peduli Pendidikan Kemajuan Kabupaten Lingga (YPKKL) atas pinjam pakai tanah untuk pendirian sekretariat.

"Kami juga sampaikan kepada sekolah-sekolah dan pihak terkait lainnya di Kecamatan Lingga yang sanggup bahu membahu dengan anggaran swadaya dalam proses pembangunan sekretariat," ucap dia.(syaf)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel