Pemkab Bintan Bagikan Seragam Sekolah Untuk Tingkat TK Negeri, SD dan SMP Swasta dan Negeri - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemkab Bintan Bagikan Seragam Sekolah Untuk Tingkat TK Negeri, SD dan SMP Swasta dan Negeri

 

Bupati Bintan, Apri Sujadi (Fhoto : Antaranews.com)

BINTAN, Infokepri.com – Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan mencegah agar tidak ada anak yang putus sekolah karena orang tuanya tidak mampu, Pemkab Bintan membagikan seragam sekolah secara gratis untuk Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri dan siswa SD dan SMP negeri dan swasta.

Seragam sekolah secara gratis itu diberikan merupakan yang keempat kalinya sejak Apri Sujadi bersama Dalmasry Syam menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bintan pembagian sergam sekolah secara gratis ini sudah dilakukan selama empat tahun berturut-turut.

“ Pembagian seragam sekolah gratis ini sudah empat tahun berturut-turut diberikan kepada anak TK negeri, serta pelajar SDN dan SMP negeri dan swasta. Tujuannya untuk meringankan beban keluarga, terutama saat tahun ajaran baru sehingga tidak ada alasan lagi anak-anak dan remaja di usia sekolah yang tidak sekolah karena alasan orang tua tidak mampu,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi, dikutip antaranews.com, Kamis (13/8/2020).

Selain untuk meningkatkan sumber daya manusia di Bintan, katanya, bantuan itu sebagai komitmen pemerintah daerah yang dituangkan dalam visi kepala daerah. Pendidikan sebagai bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat sehingga harus mendapat dukungan penuh pemerintah.

Ia menyebutkan sangat mustahil SDM di Bintan akan meningkat jika tidak didukung oleh sarana dan prasarana. Karena itu, kami fokus membangun daerah dengan mendorong mutu pendidikan, sekaligus memberi dukungan kepada anak didik.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir mengatakan Bintan merupakan daerah di Kepri yang pertama kali memberi bantuan seragam sekolah gratis. Kebijakan populis ini pula diikuti oleh Pemkot Tanjungpinang dan Batam.

"Gagasan Pak Apri mendapatkan respons positif dari pihak sekolah dan masyarakat," katanya.

Ia mengemukakan bantuan yang diberikan kepada anak TK, serta siswa SD dan SMP tidak hanya seragam sekolah, melainkan juga perlengkapan sekolah seperti tas, alat tulis dan sepatu.

Beliau menyebutkan bahwa seragam sekolah dan perlengkapan sekolah pada tahun ini akan diserahkan mulai Oktober. Sekitar 8000 siswa akan mendapatkan seragam sekolah dan perlengkapan sekolah.

Ia menyebutkan seragam sekolah yang diberikan tidak hanya satu jenis, melainkan sampai lima jenis yakni seragam merah putih, Batik Padi Mas khas Bintan, seragam pramuka dan perlengkapan pramuka, seragam olah raga dan baju kurung.

“ Siswa dan orang tuanya merasa senang mendapatkan bantuan tersebut. Bantuan ini meningkatkan motivasi siswa untuk bersekolah, dan mengejar prestasi. Bantuan itu pula mampu meredusir pemikiran orang tua, terutama yang tinggal di pesisir bahwa sekolah tidak penting. Pemikiran orang tua agar anak-anaknya yang masih diusia sekolah untuk menjadi nelayan pun berlahan-lahan berubah sehingga Bintan dapat menyelesaikan wajib belajar sembilan tahun,” katanya.

Tamsir mengatakan bahwa saat ini hampir 100 persen seluruh penduduk dengan usia sekolah, bersekolah. Sekarang pihaknya fokus membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk meningkatkan fasilitas sekolah. (ant/Red)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel