Di Bintan Dua Orang Terpapar Positif Covid-19, Jumlah Total Kasus Covid-19 Menjadi 208 Orang - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Di Bintan Dua Orang Terpapar Positif Covid-19, Jumlah Total Kasus Covid-19 Menjadi 208 Orang

Di Bintan Dua Orang Terpapar Positif Covid-19, Jumlah Total Kasus Covid-19 Menjadi 208 Orang ,Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bintan dr Gama AF Isnaeni
Share it:
Di Bintan Dua Orang Terpapar Positif Covid-19, Jumlah Total Kasus Covid-19 Menjadi 208 Orang
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bintan dr Gama AF Isnaeni (Fhoto : Istimewa) 

BINTAN, Infokepri.com - Di Bintan seorang ibu berinisial NS bersama anaknya berinisial NSM terkonfirmasi positif Covid-19. Diduga ibunya terpapar positif Covid-19 dari anaknya yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah yakni dari Kota Batam.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bintan dr Gama AF Isnaeni kepada sejumlah awak media, Kamis (29/10/2020) mengatakan kedua orang pasien tersebut warga Kampung Kolong Enam RT 001/ RW 002, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim).

" Kedua pasien saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya sendiri," kata  dr Gama AF Isnaeni yang juga  Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bintan kepada sejumlah awak media, Kamis (29/10/2020).

dr Gama AF Isnaeni mengatakan pasien NS merupakan pasien nomor 207 kasus Covid-19 di kabupaten Bintan sedangkan NSM merupakan pasien nomor 208.

" Dari hasil penyelidikan epidemilogi bahwa pasien kasus 207 yang merupakan seorang wanita lansia terinfeksi Covid-19 karena berkontak erat atau tertular oleh seorang remaja pria yang merupakan pasien kasus 208.  Anaknya yang tanpa sengaja menularkan Covid-19 kepada ibunya inisial NS," katanya.

Dikatakannya inisial NSM diduga kuat terinfeksi Covid-19 dari klaster luar daerah. Sebab remaja pria berusia 26 tahun ini memiliki riwayat perjalanan dari Kota Batam pada 11 Oktober lalu. 

Beberapa hari kemudian NSM mengalami sakit dengan gejala sakit kepala dan lemah. Lalu ibunya sendiri yaitu NS tidak memiliki riwayat perjalanan dari manapun dan juga tidak berkontak erat dengan siapapun selain anaknya. Namun NS juga mengalami sakit dengan gejala batuk-batuk.

Karena mengalami sakit dengan gejala batuk-batuk, mereka berdua memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Kijang. Selain diperiksa, pihak medis juga mengambil swab tenggorokan dan hidung keduanya.

Untuk pengambilan swab tenggorokan dan hidung keduanya dilakukan sebanyak 2 kali. Yaitu pada tanggal 23 dan 24 Oktober. Lalu sampel swab tersebut dikirimkan ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam untuk dicek melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

Kemudian pada tanggal 28 Oktober hasil PCR Covid-19 telah keluar. Ibu dan anaknya tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Gama juga menyebutkan pihak melakukan tracing terhadap orang-orang yang berkontak erat dengan mereka. 

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi provinsi Kepri, Bakhtiar Burhanudin dalam rilisnya yang disampaikan kepada sejumlah awak media, Jumat (30/10/2020) mengatakan jumlah total kasus Covid-19 di kabupaten Bintan saat sebanyak 208 orang, kasus aktif atau pasien yang masih dirawat berkurang 3 orang sehingga tinggal 11 orang atau 5,29 % , pasien yang sembuh dari Covid-19 bertambah 3 orang menjadi 192 orang atau 92,31 %. Pasien yang meninggal dunia 5 orang atau 2,4 %.

(Red) 


Share it:

Bintan

Post A Comment: