Kesbangpol Silaturahmi dengan FKDM Batam dan Kecamatan se-Kota Batam - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Kesbangpol Silaturahmi dengan FKDM Batam dan Kecamatan se-Kota Batam

Kesbangpol Silaturahmi dengan FKDM Batam dan Kecamatan se-Kota Batam
Share it:
Kesbangpol Silaturahmi dengan FKDM Batam dan Kecamatan se-Kota Batam


BATAM, Infokepri.com  - Pertemuan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam dengan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota dan Kecamatan se-Kota Batam digelar di Aula Engku Hamidah Kantor Wali Kota Batam, Rabu (21/10/2020). Pertemuan ini digelar sesuai dengan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan dengan hansanitizer serta menjaga jarak duduk peserta.

Kepala Kesbangpol Kota Batam Riama Manurung menyebutkan, FKDM merujuk pada Keputusan Wali Kota Batam Nomor KPTS.375/HK/IX/2020 tentang FKDM tingat Kota dan Kecamatan Periode 2020-2024 yang diteken 23 September 2020, lalu.

Lebih jauh, organisasi ini merupakan  implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negri RI Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 2 Tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah.

"Pertemuan ini merupakan momentum silaturahmi sekaligus membicarakan persiapan pelantikan dan rapat kerja FKDM," kata Riama.

Pemko Batam dan BPN Gelar Rakor GTRA   BATAM, Realitasnews.com  -  Rapat koordinasi  Gugas Tugas Reforma Agraria (GTRA) pasca peresmian Kampung Tua Tanjung Riau dan Kampung Tua Tanjung Gundap sebagai Kampung Reforma Agraria digelar di Aula Engku Hamidah Lantai IV Kantor Wali Kota Batam, Kamis (22/10/2020) sore.  "Hal pertama saya sampaikan terimakasih telah menjadikan dua kampung  tersebut menjadi kampung reforma agraria, kepada BPN Provinsi maupun Batam dan walikota juga sebagai ketua gugus tugas reforma agraria di Batam," kata Syamsul.  Menurutnya, dua kampung tua yang menjadi percontohan tersebut terus dikembangkan. Termasuk di dalamnya pengembangan sektor ekonomi, yang ditandai dengan peningkatan infrastruktur.  "Tadi ada program-program yang diminta untuk dibackup baik oleh pusat, provinsi, maupun Pemko, misalnya infrastruktur, nanti kami akan turun mengecek," ucap dia.  Ia menilai, hadirnya kampung agraria sangat bagus. Tidak berhenti pada proses legalitas tanah, bahkan masyarakatnya juga dibina perihal hal lain seperti ekonomi.  "Bagus sekali, saya melihat sekarang malah sudah sampai pengembangan ekonomi di atas tanah-tanah yang sudah tersertifikasi itu," katanya.  Selanjutnya, pihaknya menawarkan pengembangan program tersebut pad cakupan yang lebih luas. Untuk itu ia mengusulkan dua kawasan yakni Kecamatan Belakang Padang dan Kecamatan Bulang, tepatnya Pulau Buluh dapat dijadikan kecamatan reforma agraria.  "Camat akan mudah menjalankan. Dengan sistem digital, one maps policy atau kebijakan satu peta, camat camat dapat melihat. Contoh, Belakangpadang jika ini berjalan mudahan-mudahan menjadi kawasan yang bagus secara hukum pertanahan, sosial, ekonomi, tak ada lagi mendengar konflik pertanahan," pungkasnya. (Diskominfo Batam)

Rencananya pelantikan dan raker akan akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2020, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Riama berharap, FKDM dapat menjalankan perannya sebagai wadah kewaspadaan dini dan bersama pemerintah ketertiban, ketentraman dan perlindungan masyarakat.

"Kami tunggu kontribusi FKDM sesuai dengan tugasnya," harap dia.

Ketua FKDM Kota Batam, Alwan mengatakan tugas FKDM Kota dan Kecamatan seperti yang disebutkan dalam Keputusan Wali Kota Batam Nomor KPTS.375/HK/IX/2020 yakni, menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan informasi serta data dari masyarakat mengenai potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di daerah yang dapat mengancam stabilitas nasional. (Diskominfo Batam)


Share it:

Advetorial

Batam

Post A Comment: