Merawat Tanaman Hias, Berikut Penjelasannya - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Merawat Tanaman Hias, Berikut Penjelasannya

Tanaman hias gampang-gampang susah, karena salah perawatan bisa mati, dan sebaliknya semakin bagus perawatannya semakin lama usianya/tumbuhnya.
Share it:
Wakil Direktur, Vivian Orchid Garden
BATAM, Infokepri.com -
Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang ditanam sebagai penghias ruangan, memperindah taman rumah, dan lainnya. Jum'at, (09/10/2020)
 
Terkait Hal itu, Wakil Direktur Vivin Orchid Garden, Indra Setiawan mengatakan tanaman hias, asal muasal adalah tanaman hutan dari berbagai penjuru dunia. Dan di beberapa negara jenis tanaman hias ini, seperti di China memiliki kepercayaan dapat membawa keberuntungan seperti tanaman hias Bambu Hoki yang hidup di air.
 
"Terkait perawatannya, tanaman hias gampang-gampang susah, karena salah perawatan bisa mati, dan sebaliknya semakin bagus perawatannya semakin lama usianya/tumbuhnya," terangnya di lokasi penjualan tanaman hias, Batam Kota - Batam (depan Kantor Satlantas Polresta Barelang).
 
Tanaman Rambat, Janda Bolong
 
Berikutnya, ia menjelaskan untuk tumbuh berkembang tanaman dapat menggunakan media tanam tanah hitam, dan trubus (Media tanam mengandung organik, unsur hara, pestisida organik, pH netral, serta pemberian vitamin.
 
Jenis tanaman hias, agar bertahan lama, sebaiknya menggunakan media tanam trubus karena tanaman ini butuh okskigen yang banyak, sementara media tanam tanah hitam untuk jenis pohon dan tanaman buah-buahan.
 
Genus Aglaonema
 
Selanjutnya, untuk pemindahan tanaman ke wadah yang baru, akar tanaman harus ikut terangkat. Sebelum ditempatkan sesuai keinginan, terlebih dahulu di taruh di tempat yang sejuk, jauh dari sinar matahari (kolong) sekitar seminggu sampai setengah bulan.
 
"Penggantian media tanam rata-rata setahun sekali, apabila struktur media sudah mulai padat baru diganti. Pemberian air bagi tanaman hias dan buah-buahan, sebaiknya menggunakan semprotan atau spray. Dan seminggu sekali pemeberian vitamin," jelasnya.
 
Tanaman Bonsai
 
Pada kesempatan itu, ia juga menceritakan bahwa sebelumnya berawal dari kecintaan terhadap tanaman. Pada bulan April 2018, dari kota Bogor - Jawa Barat, bersama Orang tua/Ibu membuka penjualan tanaman hias (Vivin Orchid Garden) di Batam.
 
Berikut, sebagian dari ratusan jenis tanaman hias, dan harga jual, di Vivin Orchid Garden, diantaranya:
Anggrek (Orchidaceae), Jenis Dendrobium, Bulan, Vanda, dll. Perawatannya sedikit manja tidak boleh kena panas langsung (12 jam terpapar sinar matahari), sangat bagus di ruanganan ber AC/adem, tanaman ini didatangkan dari provinsi Papua, dengan harga mulai Rp 500 ribu.
 
Tanaman rambat (Monstera deliciosa), Jenis Janda bolong, Sirih, dll. "Paling gampang merawatnya, agar tampak menawan kita kasih tangkai/penyangga, kalau tidak menjalar akan menjalar kemana-mana, harga jenis tanaman rambat mulai dari Rp 350 ribu," terangnya.
 
Semak (Genus Aglaonema), Red anjamani, Red stardust, Sri Rezeki, dll. Penempatannya boleh di luar ruangan tapi dengan suhu tidak terlalu panas, untuk harga mulai dari Rp 350 ribu sampai Rp 600 ribu.

Tanaman Kaktus Mini

Kaktus (Cactaceae). Perawatannya dalam seminggu sekali di kasih air, sekitar 4 bulan dikasih pupuk. Untuk harga yang mini mulai dari Rp 50 ribu, dan besar Rp 500 ribu.

"Perdu (Sansevieria), jenis Lidah Mertua tanaman hias ini jika perawatannya bagus usia bisa mencapai puluhan tahun. Dan kita ada umurnya mencapai 50 tahun, untuk harga mulai dari Rp 500 ribu," terangnya.

Bonsai, tanaman ini terdapat beragam jenis batang pohon, diantaranya tegak lurus vertikal, berkelok-kelok, miring, sarung angin, menonjolkan akar, dll. Untuk penempatannya bisa dimana saja, sedangkan harga berkisar di jutaan rupiah.

Tanaman buah-buahan, beragam, mencapai 30 sampai 40 jenis buah-buahan. Tanaman buah-buahan ini dapat tumbuh di pot/wadah. Pohon buah disini sudah berbuah semua dan yang lagi ditunggu berbuah pohon durian. Untuk harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tanaman Bunga Kertas
 

Bunga Kertas (Bougainvillea), satu pohon bisa mekar 7 warna bunga, dan jenis pohon ini bisa dibentuk menggunakan kawat khusus sesuai dengan model yang diinginkan, seperti merawat Bonsai. 

"Pembeli kebanyakan dari lokal, beragam kalangan, ada untuk di rumah, perkantoran, dan belum lama ini kita dapat pesanan dari Kepolisian Daerah Kepri, mengantar belasan pohon Bunga Kertas," jelasnya.

"Selain itu, ada juga Kolektor yang mana mencari tanaman langka. Dimana makin langka harga makin tinggi (Philo busi, Philodendron), serta tanaman daunnya yang lebar, untuk di jual lagi. Tanaman hias termurah mulai dari harga puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah (Beringin Dollar)," pungkas Wakil Direktur Vivin Orchid Garden. (AP)

Share it:

Batam

Infokepri

Post A Comment: