Inovasi di Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Batam Luncurkan Program Pandawa - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Inovasi di Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Batam Luncurkan Program Pandawa

Inovasi di Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Batam Luncurkan Program Pandawa
Salah Satu Peserta Ikut Pandawa
BATAM, Infokepri.com -
Salah satu yang dilakukan untuk menghindari penyebaran virus dan memberikan kemudahan kepada peserta adalah Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp/WA atau yang dikenal dengan Pandawa. Senin, (02/11/2020)
 
Selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Batam, Maucensia Septrina menjelaskan bahwa Pandawa merupakan kanal layanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk menyelesaikan proses administrasi kepesertaan. Layanan yang disediakan juga bervariasi dari mulai pendaftaran hingga melakukan perubahan data.
 
"Banyak yang bisa dilakukan lewat Pandawa. Peserta bisa melakukan pendaftaran, menambahkan anggota keluarga, mengubah jenis kepesertaan hingga penonaktifan peserta meninggal," jelasannya di Batam Centre - Batam.
 
Peserta Mendaftar Program Pandawa
Pandawa merupakan jawaban dari adanya beberapa peserta yang sulit mengakses aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sebelumnya lantaran gagap teknologi.
 
Hal ini disebabkan karena melalui Pandawa, peserta cukup menghubungi nomor layanan masing-masing daerah dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh petugas BPJS Kesehatan.
 
"Jadi ketika sudah mengikuti instruksi di Whatsapp, peserta cukup melengkapi berkas, kemudian dititipkan ke kantor BPJS Kesehatan, peserta menerima nomor virtual account, membayar, dan menunggu kartunya diantarkan,” kata Maucensia.
 
Khusus masyarakat Batam yang ingin mengakses layanan Pandawa, membutuhkan layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor cabang dapat menghubungi nomor +62895370680105.
 
Saat ditemui oleh Tim Jamkesnews, salah satu peserta yang mendaftarkan orangtuanya melalui Pandawa, Rumaida mengatakan bahwa ia merasakan kanal layanan ini benar-benar bermanfaat.
 
"Saya merasakan sekali manfaatnya. Dulu di awal BPJS Kesehatan beroperasi, untuk mendaftar jadi peserta saya bisa menghabiskan waktu 3-4 jam. Saya ingat betul waktu itu dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Ditambah lagi waktu itu kantor benar-benar ramai orang,” katanya.
 
Peserta yang tinggal di Bukit Palm Permai ini merasa bahwa semakin lama BPJS Kesehatan memiliki sistem pelayanan yang semakin baik. Jika dulu ia harus menunggu lama, sekarang ia cukup mendaftarkan orangtuanya melalui Whatsapp dari rumah.
 
"Saya lihat semakin lama pelayanan BPJS Kesehatan semakin baik, sistem layanan sudah ada perubahan dan semakin tertib. Sekarang sudah ada Pandawa jadi ketika masyarakat mau daftar kita tidak perlu ngantri lagi," tutupnya. (AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel