KPU Kabupaten Lingga Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Aplikasi SIREKAP Mobile di TPS - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

KPU Kabupaten Lingga Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Aplikasi SIREKAP Mobile di TPS

KPU Kabupaten Lingga Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Aplikasi SIREKAP Mobile di TPS
Share it:

  

KPU Kabupaten Lingga Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Aplikasi SIREKAP Mobile di TPS

LINGGA, Infokepri.com  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta Penggunaan Aplikasi SIREKAP Mobile di TPS pada Pemilihan Serentak tahun 2020 yang dilaksanakan di Lapangan Gedung Nasional, Dabo Singkep pada Sabtu (21/11/2020).

Ketua KPU Kabupaten Lingga, Juliyati dalam sambutannya menjelaskan bahwa simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi SIREKAP Mobile di TPS yang digelar  KPU Kabupaten Lingga ini merupakan bagian dari program KPU RI yang diselenggarakan secara serentak nasional pada dua gelombang, yaitu tanggal 31 oktober dan 21 November 2020. KPU Kabupaten Lingga mendapatkan jadwal simulasi pada hari ini Sabtu (21/11/2020).

Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan, Rio Akmal Bukit pada kesempatan itu juga memberikan penjelasan terkait pelaksanaan simulasi dan penggunaan aplikasi SIREKAP Mobile. Bahwa dalam masa pandemi ini, ada 12 protokol kesehatan baru yang harus diterapkan di TPS dan adanya penggunaan aplikasi SIREKAP Mobile oleh KPPS untuk kemudahan informasi kepada publik dan alat kontrol penyelenggara pada pemilihan yang akan digelar pada 9 Desember 2020 nanti.

“ Penghitungan dan rekapitulasi suara pada Pilkada 2020 tetap didasarkan berita acara dan sertifikat hasil penghitungan dan rekapitulasi manual,” katanya.

Adapun 12 Protokol Kesehatan baru di TPS yaitu: 

- Pembatasan 500 pemilih dalam setiap TPS;

- Adanya pengaturan kedatangan dimana setiap pemilih mendapatkan jadwal waktu memilih yang tercantum dalam formulir C.Pembwritahuan-KWK;

- Disediakan sarung tangan plastik untuk setiap pemilih;

- Pengukuran suhu tubuh;

- Disediakan tempat cuci tangan;

- Wajib memakai masker;

- Desinfektan berkala di TPS;

- Adanya bilik khusus untuk pemilih bersuhu >37,3 derajat Celcius;

- KPPS memakai APD;

- Pelarangan berkerumun dan kontak fisik; dan

- Penggunaan tinta tetes.

Acara yang digelar mulai pukul 07.00 WIB ini dihadiri oleh Kapolres Lingga, Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga, serta sejumlah perwakilan perangkat daerah. 

KPU Kabupaten Lingga berharap KPPS, undangan yang hadir, dan pemilih mendapatkan gambaran dan memahami proses pemilihan serentak yang akan digelar tanggal 9 Desember 2020 sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 sekaligus dapat memanfaatkan aplikasi SIREKAP Mobile dengan maksimal.(Syaf)


Share it:

Lingga

Post A Comment: