Pjs Bupati Sergai Janji Akan Mengupayakan Pembebasan Lahan Untuk Taman Makam Pahlawan - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Pjs Bupati Sergai Janji Akan Mengupayakan Pembebasan Lahan Untuk Taman Makam Pahlawan

Pjs Bupati Sergai Janji Akan Mengupayakan Pembebasan Lahan Untuk Taman Makam Pahlawan
Share it:
Pjs Bupati Sergai Janji Akan Mengupayakan Pembebasan Lahan Untuk Taman Makam Pahlawan



SERGAI, Infokepri.com - Penjabat sementara (Pjs). Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si mengaku sangat senang dapat bertemu dengan para veteran, baik sebagai pahlawan sekaligus sebagai orang tua bersama.

" Saya merasa berbahagia terkait tugasnya sebagai Pjs. yaitu menjalankan aktivitas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta menjaga netralitas ASN guna suksesnya Pilkada Serentak tahun 2020 ini," kata Pjs Bupati Sergai saat menerima audiensi beberapa lembaga dan tokoh masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya, bertempat di Ruang Audiensi Bupati, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (10/11/2020) lalu.

Audiensi  tersebut  diikuti oleh Legiun Veteran RI Kabupaten Sergai, Eksponen 66, Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI), Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) dan Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya.

Turut hadir dalam audensi itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, Kabag Kesra Arianto, S.Pd

Lebih lanjut Pjs Bupati Sergai mengatakan bahwa terkait aspirasi yang disampaikan oleh para legiun veteran serta orang tua kami bahwa akan segera menindaklanjuti dengan sebaik-baiknya seperti revitalisasi Sungai Rampah dan sungai lainnya. Kemudian kita berbicara tentang keberadaan dan eksistensi organisasi veteran ini.


" Saya meminta jajaran OPD terkait agar dilakukan verifikasi apakah terdapat peluang bantuan hibah kepada organisasi veteran agar dapat bekerja membantu pemerintah daerah,” tuturnya.

Dikatakannya terkait permintaan lahan Tanah Makam Pahlawan, Pemkab Sergai akan terus mengusahakan pembebasan lahan HGU guna dialokasikan salah satunya sebagai taman makam pahlawan selain untuk lahan kantor pemerintahan. Ia juga meminta agar jika memang ada ruang, agar disuarakan dan disampaikan juga kepada DPRD terkait permohonan lahan taman makam pahlawan ini.

Sedangkan masukan di bidang pendidikan dari BMPS, pihaknya menyambut baik saran dan masukannya dan semoga bersama segera mendapatkan solusi yang terbaik atas pola pendidikan di masa pandemi ini.

“Dan kesempatan ini mari kita berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir guna normalnya kembali pola pembelajaran di sekolah-sekolah. Untuk masukan bidang budaya, saya tentu sangat mengapresiasi kerja para penggiat budaya dan untuk itu Pemkab Sergai memang terus berkomitmen menghidupkan Kampung Budaya tersebut karena memang pada budaya tersebut terdapat sopan santun serta akhlak yang tinggi. Dengan generasi muda menghargai budaya, maka daerah akan terjaga dari dekadensi moral serta akan maju dengan jati diri budaya Indonesia,” katanya lagi.


Ingatkan Netralitas ASN

Pada kesempatan itu juga Pjs. Bupati Sergai  menyampaikan terkait netralitas ASN.

“Saya selalu mengingatkan kepada jajaran saya untuk selalu menjaga netralitas tersebut dengan sebaik-baiknya. Mari kita tetap jalin persatuan dan kesatuan guna membangun Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Tokoh lembaga dan masyarakat sampaikan aspirasi

Sementara itu sebelumnya masing-masing perwakilan lembaga menyampaikan aspirasinya kepada Pjs Bupati. Diawali dari M. Kisai Dalimunthe, selaku Legiun Veteran RI Kabupaten Sergai, yang menyebut audiensi bertujuan untuk menjalin silaturahmi veteran, Angkatan 66, tokoh masyarakat serta tokoh budaya. Dirinya berharap, NKRI khususnya Sergai senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan berkah serta sejahtera.

“ Kami mengapresiasi dukungan Pemkab Sergai kepada para veteran, tokoh masyarakat, penggiat pendidikan dan budaya yang ada di kabupaten ini. Pada kesempatan ini kami menyampaikan masukan dan pesan kepada Pjs. Bupati terkait pembangunan dan kemasyarakatan agar lebih baik lagi dari sebelumnya seperti halnya masukan agar kembali dilakukan revitalisasi Sungai Rampah untuk menghindari banjir di musim penghujan seperti saat sekarang ini,” papar M. Kisai.

Senada dengannya, Adenan Ali yang juga merupakan Legiun Veteran RI Kabupaten Sergai juga sangat mendukung rencana revitalisasi sungai Rampah dan jika memungkinkan agar dilakukan sampai Kecamatan Tanjung Beringin. “ Selain itu, mohon perhatian dari Pemkab Sergai agar kiranya dialokasikan lahan pembangunan taman makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa pahlawan,” harapnya.

Di kesempatan yang sama Bahrum Abbas dari Eksponen 66 dan PWRI berharap, pemerintah memberikan perhatian kepada para veteran yang masih ingin melakukan kegiatan produktif di masa-masa purna baktinya. “ Kami berharap perhatian pemerintah daerah semakin terus berkesinambungan terutama agar kami dapat berkegiatan dan berdayaguna meski dalam usia senja seperti saat ini,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris PWRI Abdul Karim, menyampaikan masukan agar kiranya Pemkab Sergai dapat selalu mendukung kegiatan PWRI di tengah-tengah masyarakat.

“ Kami berharap dapat terus difasilitasi dalam melaksanakan kegiatan positif agar berdaya manfaat bagi masyarakat, terkhusus di Kabupaten Sergai,” paparnya.

Usman Siregar pengurus BMPS menyampaikan aspirasi dalam menyikapi zaman dekadensi moral, dirinya berharap kebijakan pendidikan hendaknya merata dan fleksibel.“ Sebab masa pembelajaran daring ini telah menyulitkan siswa dan orang tua itu sendiri, terutama perguruan swasta. Agar kiranya kebijakan pembelajaran daring juga diikuti dengan solusi yang benar-benar tepat dan membantu,” pinta Usman.

Terakhir H. Poniman selaku Ketua Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya berharap budaya-budaya yang ada di Kabupaten Sergai ini semakin baik dilestarikan. H. Poniman juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Sergai selama ini kepada pihaknya.

Ia menuturkan, sampai saat ini di bawah Pemerintahan Soekirman-Darma Wijaya telah diresmikan 3 kampung budaya yaitu Kampung Budaya Melayu, Budaya Jawa dan Kampung Budaya Banjar. “ Dengan adanya kampung budaya tersebut dapat memberikan warna dan menarik minat kaum muda untuk melestarikan budaya. Sebab budaya itu membantu mengingatkan kita bahwa suku itu mempunyai budaya, sopan santun dan akhlak yang tinggi yang terkandung. Mohon dukungannya dari Pemkab Sergai untuk lebih mengenalkannya kepada seluruh masyarakat khususnya kaum muda agar semakin mencintai budayanya,” pungkasnya.


Share it:

Serdang Bedagai

Post A Comment: