BC Batam Gagalkan Penyeludupan 42.500 Benih Lobster Tujuan Vietnam - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

BC Batam Gagalkan Penyeludupan 42.500 Benih Lobster Tujuan Vietnam

Pelaku Penyeludupan Benih Lobster
BATAM, Infokepri.com -
Bea Cukai Batam berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster ilegal yang dilakukan oleh tiga orang penumpang Kapal Motor (KM). Kelud, di Pelabuhan Batu Ampar - Batam. Minggu, (06/12/2020)
 
Terkait hal itu, Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam, Susila Brata menyampaikan bahwa berawal dari informasi masyarakat, ada upaya ekspor benih lobster secara ilegal melalui Batam tujuan akhir Vietnam, oleh penumpang KM.Kelud asal Jakarta, berangkat melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat, 4 Desember 2020.
 
Ia menambahkan sebelum dikirim ke Vietnam, benih lobster akan transit di Singapura. "KM.Kelud diketahui sandar di Pelabuhan Batu Ampar pada pukul 8.30 WIB tadi pagi. Setelah sandar, petugas gabungan Bea Cukai Batam dan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Batam melakukan pemeriksaan/Boatzoeking pada KM Kelud," ungkapnya.
 
Modus Pelaku
"Ditemukan tiga karung berisi baju yang dicampur dengan bungkusan plastik berisi benih lobster, bungkusan plastik benih lobster diketahui berjumlah 157 bungkus," terang Susila Brata.
 
Setelah dihitung, jumlah benih lobster jenis pasir sebanyak 41.500 ekor dan benih lobster jenis mutiara sebanyak 1.000 ekor. "Sehingga total benih lobster yang berhasil diamankan Bea Cukai Batam adalah sebanyak 42.500 ekor, dan barang bukti diamankan di Kantor BKIPM Batam untuk proses lebih lanjut," katanya.
 
"Hal ini merupakan wujud komitmen Bea Cukai Batam sebagai Community Protectoryangtidak pernah lelah melakukan pengawasan untuk menjaga NKRI dari barang-barang ilegal," pungkas Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam melalui siaran pers. (AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel