Walikota Tebingtinggi Menyambut Menteri PUPR Yang Meninjau Kondisi Sungai Padang - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Walikota Tebingtinggi Menyambut Menteri PUPR Yang Meninjau Kondisi Sungai Padang

 

Walikota Tebingtinggi Menyambut Menteri  PUPR Yang Meninjau Kondisi Sungai Padang

TEBING TINGGI, Infokepri.com -  Walikota Tebingtinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menyambut kedatangan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berkunjung ke Kota Tebingtinggi  meninjau tanggul yang berada di Sungai Padang Tebingtinggi, Senin (7/12/2020) di Jalan Ikhlas Kelurahan Tanjung Marulak Kecamatan Rambutan Tebingtinggi.

Kunjungan Menteri PUPR RI ke kota Tebingtinggi didampingi Deputi Kementerian PUPR dan Kepala BWSS II Maman Noprayamin.

Walikota Tebingtinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM dalam menyambut Menteri PUPR RU tersebut didampingi Sekdako Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP Kadis PUPR Tebingtinggi Hj Rusmiyati Harahap dan Kadis Kominfo Dedi P Siagian.

Setibanya di kota  Tebingtinggi,  Menteri PUPR langsung meninjau bendung Sei Padang (Bajayu) bersama Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM di Desa Paya Pasir Kabupaten Sergai.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  mengatakan, Sungai Padang ini alirannya dari Siantar. "Saya akan tangani yakni tanggul, drainase-drainase kota yang mengalir ke sungai dan pintu-pintu klep. Pintu klep tersebut fungsinya jika air kering akan terbuka dan jika debit air sungai tinggi maka akan tertutup dan ini akan kita tangani," ujar Menteri  PUPR. 

Terkait rencana normalisasi Sungai Padang Menteri Basuki menjelaskan, nanti dulu, itu merupakan jangka permanennya. Sekarang ini kita mengejar bulan Januari kita akan perbaiki ini dulu.

Penanganan tanggul khusus ditikungan Sungai Padang akan dilakukan berbeda dari tanggul yang posisinya lurus di pinggiran Sungai Padang.

" Kalau tanggul yang lurus tidak termakan oleh arus, tetapi kalau ditikungan luar pasti ngerus oleh air. Kalau tanggul dibuat sama pasti tidak kuat," jelas Menteri PUPR.

Banjir yang melanda Kota Tebingtinggi hingga hari ini telah merendam ribuan rumah yang berada di 5 kecamatan. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya juga meninjau banjir yang melanda sejumlah daerah di Kota Medan. 

Kunjungan Menteri PUPR ke Kota Tebing Tinggi mendapat apresiasi dari Wali Kota Tebing Tinggi karena musibah banjir merupakan kondisi yang kerap terjadi di kota itu.

"Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Menteri PUPR atas kunjungannya ke kota Tebingtinggi untuk meninjau langsung kondisi tanggul jebol di Sungai Padang ini, semoga dengan kunjungan ini banjir yang selama ini terjadi bisa teratasi dengan baik," kata Walikota. (Bon)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel