Tagihkan Kubikasi Pemakaian Air, Sesuai dengan Angka Stand Meter Riil di Rumah Pelanggan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Tagihkan Kubikasi Pemakaian Air, Sesuai dengan Angka Stand Meter Riil di Rumah Pelanggan

Tagihkan Kubikasi Pemakaian Air, Sesuai dengan Angka Stand Meter Riil di Rumah Pelanggan
Meteran Air
BATAM, Infokepri.com -
Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam yang dioperasikan oleh MOYA Indonesia akan senantiasa menjunjung tinggi komitmen melayani untuk wujudkan kepuasan pelanggan. Kamis, (07/01/2021)
 
Terkait hal itu, Corporate Communication Custumer SPAM Batam, Astriena Veracia menyampaikan bahwa sebagaimana tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam No.24 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Sistem Penyediaan Air Minum BAB I (Pasal 1) menyebutkan bahwa Meter Air adalah alat untuk mengukur air pelanggan.
 
"Meter air merupakan satu-satunya panduan untuk menagihkan besaran kubukasi pemakaian air setiap bulannya, hal ini juga diatur dalam pasal 19 (ayat 1). Namun, sering kita jumpai adanya pemakaian air yang melonjak," terangnya di Kantor SPAM Batam, Batam Centre - Batam.
 
Sebagaimana dalam kaitannya dengan penagihan rekening air, pihaknya menegaskan bahwa SPAM Batam dalam penagihan kubikasi pemakaian air disesuaikan dengan kondisi pemakaian riil yang tertera di meter air pelanggan.
 
Tagihkan Kubikasi Pemakaian Air, Sesuai dengan Angka Stand Meter Riil di Rumah Pelanggan
Kanal Layanan Keluhan Pelanggan
Lanjutnya, lonjakan tagihan ini seringkali terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:
Indikasi adanya kebocoran pada instalasi dalam pelanggan, karena kondisi sesudah meter menjadi kewajiban pelanggan. Untuk mengihidari kondisi tersebut, maka pengecekan meter secara berkala menjadi kewajiban yang harus dilakukan untuk memastikan tidak adanya kebocoran pada instalasi dalam properti pelanggan.
 
Tidak memberikan akses kepada pembaca meter juga menjadi salah satu penyebab melonjaknya tagihan, karena rumah terkunci/rumah kosong yang berakibat pembacaan meter tidak dapat dilakukan oleh petugas pembacaan di lapangan, maka penentuan kubikasi pemakaian air kepada pelanggan dilakukan dengan mengenakan tagihan estimasi.
 
Faktor lainnya, lanjutnya lagi yang terkadang tidak disadari pelanggan adalah memang pemakaian kubikasi jumlah air yang dipakai memang tinggi sehingga angka stand meter yang tertera di rumah pelanggan jumlahnya meningkat, untuk itu secara bijaksana hal ini juga harus disikapi bijaksana oleh pelanggan, karena naik turun kubikasi pemakaian air sering juga terjadi.
 
"Berdasarkan data SPAM Batam, pada bulan ini terdapat sekitar kurang lebih 300 pelanggan dengan pemakaian ekstrim, dan setelah dilakukan analisa tagihan telah sesuai stand meter," terangnya.
 
Jadi, sambungnya jika pelanggan menemukan tagihan tinggi agar segera menghubungi Call Center SPAM Batam 24 jam di 150 155 atau datang ke KPP atau dapat menghubungi Media Sosial Resmi SPAM Batam dengan menyebutkan detail nama pelanggan, nomer ID Pelanggan serta no telphone yang bisa dihubungi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.
 
Bagi Pelanggan yang mendapati tagihan tinggi pada kubikasi pemakaian airnya, maka segera datang ke Kantor Pelayanan Pelanggan (KPP) terdekat dengan membawa Foto Stand Meter untuk lebih mudah petugas menyelesaian permasalahan tersebut.
 
Atau dapat segera menghubungi Call Center 24 jam SPAM Batam di 150 155 maupun saluran Resmi Media Sosial SPAM Batam yang lainnya dengan menyebutkan ID Pelanggan, nama Pelangggan dan nomor telphone yang bisa dihubungi untuk proses tindak lanjut dengan segera. (AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel