Babinsa Desa batu Gajah Lakukan Komsos Dengan Ketua RW 004 Damar Dusun I - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Popular Posts

Technology


Babinsa Desa batu Gajah Lakukan Komsos Dengan Ketua RW 004 Damar Dusun I

Babinsa Desa batu Gajah Lakukan Komsos Dengan Ketua RW 004 Damar Dusun I
Share it:


Babinsa Desa batu Gajah Lakukan Komsos Dengan Ketua RW 004 Damar Dusun I


NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Batu Gajah, Serda Syahruddin, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Ketua RW 004 Damar Dusun II, Ayuni (40) di Jalan Senibung RT 010 Semedang RW 004 Damar Dusun II Air Tikal, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (04/03/2021).

Selain Ketua RW, Ayuni juga merupakan Ketua Sanggar Seni Dendang Bermada bidang Hadra.

Dalam kesempatan ini Ayuni, didampingi salah seorang pengurus Sanggar Seni Dendang Bermada Ardin mengatakan, bahwa sanggar seni ini berdiri pada tahun 2009.

Dikatakannya, sanggar ini menampilkan 4 jenis kesenian diantaranya Hadra (tarian dan salawat), permainan alu, tari Zapin dan Silat, semuanya merupakan kesenian rakyat yang sangat kental akan kebudayaan Melayu.  

Menurut Ardin , Hadra bermakna hadir berkumpul untuk berdendang melantunkan puji-pujian kepada Allah SWT atas rasa syukur yang telah diberikan dan juga mempererat hubungan silaturahmi antar sesama.

Kesenian Hadra menampilkan berbagai tarian dengan diiringi lagu salawat diantaranya Bismilah , Al fasol dan Allah u Allah.

Kesenian Hadra ini berasal dari daerah Teluk Kuantan Riau, yang dibawa oleh orang-orang tua terdahulu sampai ke daerah "Pulau Tujuh" atau saat ini disebut Natuna, dimana Hadra ini satu-satunya kesenian yang ada di Natuna.

Hal yang sama disampaikan Aryuni bahwa Sangar Seni Dendang Bermada ini telah banyak tampil di pagelaran seni budaya di tingkat Kabupaten, bahkan mengisi acara di RRI Kabupaten Natuna.

Untuk kegiatan latihan, sebelum Pandemik Covid-19 dilaksanakan di rumah Salimun (rumah warga) karena belum ada tempat khusus untuk Sangar Dendang Bermada. 

"Dengan 31 keanggotaan sanggar, kami bersama-sama saling mengisi agar kesenian rakyat ini tetap berjalan dan dapat mewariskan kepada generasi muda," tutur Aryuni.

Aryuni berharap, kesenian rakyat ini dapat terus diperkenalkan kepada generasi muda karena kesenian ini sangat syarat akan nilai religius , moral , budaya dan makna pilosopi yang tinggi.

Babinsa menyampaikan untuk tetap semangat dalam membina generasi muda dalam kegiatan Sangar Dendang Bermada karena kesenian rakyat ini merupakan kekayaan seni budaya yang sangat berharga dan menjadi jati diri orang melayu.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. (Nard).


    = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Share it:

Natuna

Post A Comment: