Babinsa Desa Cemaga Sosialisasikan Geopark Natuna Kepada Siswa SMAN 1 Bunguran Selatan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Babinsa Desa Cemaga Sosialisasikan Geopark Natuna Kepada Siswa SMAN 1 Bunguran Selatan

 

Babinsa Desa Cemaga Sosialisasikan Geopark Natuna Kepada Siswa SMAN 1 Bunguran Selatan

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Cemaga, Serda David Alaslan, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna sosialisasikan Geopark Natuna kepada siswa SMAN 1 Bunguran Selatan, di Ruang Kelas XII, Senin (08/03/2021).


Adapun tujuan dari Sosialisasi Geopark yang ada di Natuna ini merupakan bagian dari program non fisik  TMMD ke-110 Kodim 0318/Natuna, dengan motto Wujud Sinergi Membangun Negeri.


Turut hadir dalam kegiatan ini, Guru Pembimbing Adi Asuar, S.Pd.I, siswa siswi SMA N 1 Bunguran Selatan 20 orang.


Babinsa menyampaikan Geopark merupakan taman bumi hasil warisan geologi yang sudah berumur ribuan tahun, dimana Geopark dapat menceritakan sejarah terbentuknya suatu wilayah.


Babinsa memperkenalkan beberapa Geopark yang ada di Natuna diantaranya, Tanjung Datuk di Desa Pengadah Kecamatan Bunguran Timur Laut, Pantai dan Lubang Kamak/Goa Kamak di Desa Pengadah Kecamatan Bunguran Timur Laut, Pulau Senoa di Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, Tanjung Senubing di Kelurahan Ranai Kecamatan Bunguran Timur, Gunung Ranai di Kelurahan Ranai Darat Kecamatan Bunguran Timur, Batu Kasah di Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan, Pulau Akar di Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan, dan Pulau Setanau di Desa Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga.

Selain itu, Babinsa juga menyampaikan tentang keragaman hayati yaitu hewan dan tumbuhan. Dimana di pulau bunguran masih banyak tersimpan berbagai jenis burung, kera, buaya dan jenis jenis keragaman hayati yang ada di dalam lautan seperti ikan dan terumbu karang.


Menurut Babinsa untuk Kabupaten Natuna sangat kaya akan objek yang dapat menjadi tujuan wisata. Untuk itu Babinsa mengajak para siswa untuk dapat berperan dengan cara, menjaga dan melestarikan situs Geopark dan menjaga keragaman hayati agar jangan sampai rusak.

Menghormati dan mencintai adat istiadat seni budaya yang ada di masyarakat seperti silat, zapin, alu, hadra yang merupakan budaya seni masyarakat Natuna, para siswa dapat memperkenalkan melalui media sosial agar dapat dilihat orang dari luar Natuna. Dengan demikian objek wisata Natuna dapat dikunjungi banyak orang baik lokal maupun manca negara.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. (Nard).


    = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel