Babinsa Desa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Dengan Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Larak - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Babinsa Desa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Dengan Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Larak

Babinsa Desa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Dengan Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Larak
Share it:

 

Babinsa Desa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Dengan Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Larak

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Cemaga Tengah Serda R Damanik, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Zulkifli, Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Larak, di Batu Bayan Tengah, RT 01/RW 02 Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Minggu (07/03/2021).

Tujuan dari kegiatan ini yaitu dalam rangka mensukseskan program TMMD ke-110 Kodim 0318/Natuna, untuk menggali kekayaan budaya daerah dan melestarikannya.

Dalam kesempatan ini, Zulkifli sebagai nara sumber mengatakan alat musik tradisional Gendang Larak ini sudah ada semenjak dulu bahkan sebelum Indonesia merdeka, Gendang Larak ini diturunkan diwariskan oleh orang tua dulu secara turun temurun.

"Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan modern, alat musik Gendang Larak ini terlupakan atau mati suri. Dan pada awal tahun 2000 dengan pelan-pelan kami hidupkan kembali dengan tujuan untuk melestarikan seni budaya daerah yang sudah lama hilang," ujarnya.

"Gendang larak ini didirikan oleh Pak Ismail (alm), sebenarnya beliau bukan yg pertama tetapi beliau yang menurunkan kepada kami, sehingga Gendang larak ini ada hingga saat ini," tambahnya.

Lanjut Zulkifli, Gendang larak ini punya arti tesendiri yaitu barang yang di bunyikan oleh tangan manusia secara bersama-sama/kelompok dan serentak sehingga mengeluarkan nada atau irama yang indah untuk didengarkan.

Sedangkan dana untuk operasional dan pemeliharaan gendang larak ini adalah swadaya dan dibantu oleh dana desa.

Adapun kegunaan dari Gendang Larak ini yaitu untuk mengantar pengantin kepelaminan, untuk pertunjukan atau pagelaran, dan untuk memeriahkan acara pernikahan.

Pemain Gendang Larak ini berjumlah 10 (sepuluh) orang dengan alat gendang 6 (enam) buah.

Babinsa mengajak Zulkifli bersama timnya agar tetap giat untuk melestarikan alat musik tradisional Gendang Larak, sehingga tidak punah ditelan perkembangan zaman yang semakin modern.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. (Nard).


    = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Share it:

Natuna

Post A Comment: