Babinsa Desa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Dengan Ketua BUMDes Objek Wisata Geopark Batu Kasah - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Popular Posts

Technology


Babinsa Desa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Dengan Ketua BUMDes Objek Wisata Geopark Batu Kasah

Babinsa Desa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Dengan Ketua BUMDes Objek Wisata Geopark Batu Kasah
Share it:

 

Babinsa Desa Cemaga Tengah Lakukan Komsos Dengan Ketua BUMDes Objek Wisata Geopark Batu Kasah

NATUNA, Infokepri.com - Guna mensukseskan giat TMMD Kodim 0318/Natuna ke-110, Babinsa Desa Cemaga Tengah, Serda R Damanik, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama warga, Kamis (25/03/2021).

Selain menjalin silaturahmi, kegiatan ini bertujuan untuk membangun komunikasi yang baik sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan warga binaan sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Kali ini Babinsa R Damanik, melakukan Komsos dengan Ketua BUMDes Objek Wisata Geopark Batu Kasah, Salamun di Objek Wisata Geopark Batu Kasah, Dusun Tanjung Sumedang RT 03/RW 01 Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan.

Dalam kesempatan ini, Salamun menceritakan riwayat terjadinya Wisata Batu Kasah. Dikatakannya, pada zaman dulu seorang warga bernama Tok Nyong sering melewati batu tersebut untuk pergi ke kebunnya. Setiap dia pergi ke kebunnya dia selalu singgah di batu tersebut untuk mengasah parangnya/pisaunya. 

Bersumber dari situlah pantai tersebut pada awalnya diberi nama Batu Asah, hingga kini berubah menjadi Batu Kasah. Lebih jelasnya arti dari Batu Kasah adalah  sebuah batu yang besar pada zaman dahulu di jadikan untuk mengasah parang.

Untuk sekarang nama Pantai Batu Kasah itu adalah gabungan antara batu asah, batu hiu dan pantai. Seiring berjalannya waktu, tempat ini di kenal dan populer di kalangan masyarakat yaitu Batu Kasah, yang akhirnya diresmikan menjadi Geopark Batu Kasah dan telah diakui oleh UNESCO Global Geopark (UGGp)

Objek wisata Geo park Batu Kasah ini di buka sejak tahun 2017 dengan menggunakan dana yang bersumber dari Dana Desa dan CSR (Corporate Social Responsibility). 

Luas Objek Wisata Geopark Batu Kasah sekitar 4 hektare. Batu Kasah ini dijadikan objek wisata karena mempunyai daya tarik tersendiri dengan batu-batu berukuran besar, hamparan pasir putihnya yang membentang dan kejernihan air lautnya membuat para pengunjung betah berlama-lama. 

Saat ini Wisata Geopark Batu Kasah sudah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana diantaranya, gajebo, musholla, toilet, kamar bilas, dan warung penyedia berbagai kuliner khas Natuna.

Dengan pengelolaan yang baik terhadap Wisata Geopark Batu Kasah, dapat mengembangkan potensi-pitensi yang ada di Desa Cemaga Tengah, pengembangan usaha-usaha baru, dan membuka lapangan kerja guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Objek wisata Geopark Batu Kasah buka setiap hari Sabtu dan Minggu dan hari tertentu sesuai dengan permintaan pengunjung yang hadir di objek wisata tersebut.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. (Nard).


    = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Share it:

Natuna

Post A Comment: