Babinsa Kelurahan Ranai Darat Lakukan Komsos Dengan Sanggar Bunga Rampai - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Popular Posts

Technology


Babinsa Kelurahan Ranai Darat Lakukan Komsos Dengan Sanggar Bunga Rampai

Share it:

 

Babinsa Kelurahan Ranai Darat Lakukan Komsos Dengan Sanggar Bunga Rampai

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Kelurahan Ranai Darat, Pelda Mara Muda Hasibuan, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Tim Sanggar Bunga Rampai, di rumah M Nazir, Jalan H Ismail, RT 01/RW 02, warga Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (03/03/2021).

Sanggar Bunga Rampai merupakan Tarian Tradisional Melayu yang sudah sejak lama berdiri. Saat ini kepengurusannya terdiri dari Ketua M Nazir, Wakil Ketua Bujang Sawal, Sekretaris Zainah, Bendahara Samsidar. Sedangkan pelatih antara lain, Bujang Sawal, Samsidar dan Sumarliana dengan anggota 15 orang.

Sanggar Bunga Rampai mempunyai 3 (tiga) tarian diantaranya, Tari Zapin, Tari Ayam Sudur, dan Tari Hadrah.

M Nazir mengatakan, saat ini Tim Sanggar Bunga Rampai lebih sering memainkan alat musik Kompang dengan pemain terdiri dari para orang tua.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, M Nazir mengaku sangat kesulitan untuk mencari generasi penerus permainan alat musik Kompang.

Untuk itu dirinya mengajak para generasi muda agar ikut melestarikan dan bersedia belajar tari tradisional melayu salah satunya permainan alat musik Kompang sehingga tidak punah ditelan perkembangan zaman.

Selain itu, ia berharap kepada pemerintah agar dapat mendukung dan mempasilitasi kegiatan ini, karena saat ini alat-alat musik Kompang dan alat-alat lainnya yang mereka miliki sudah banyak yang rusak sehingga perlu perbaikan dan peremajaan.

Lebih lanjut M Nazir menyampaikan, sehubungan dengan masa pandemi Covid-19, hingga saat ini kegiatan latihan Kompang Sanggar Bunga Rampai ditiadakan terkait protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini, Babinsa M Hasibuan mengajak Tim Sanggar Bunga Rampai tetap giat untuk melestarikan budaya dan kesenian Melayu serta mengajak para generasi muda untuk mau ikut belajar sehingga kelestarian budaya Melayu tetap terjaga dengan baik.

Babinsa juga mengingatkan Tim Sanggar Bunga Rampai dan warga lainnya, selama masa Pandemi Covid-19 agar mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. (Nard).


    = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =


Share it:

Natuna

Post A Comment: