Batituud Koramil 01/Ranai Hadiri Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba, Karhutla dan Hukum - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Popular Posts

Technology


Batituud Koramil 01/Ranai Hadiri Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba, Karhutla dan Hukum

Batituud Koramil 01/Ranai Hadiri Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba, Karhutla dan Hukum
Share it:

 

Batituud Koramil 01/Ranai Hadiri Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba, Karhutla dan Hukum

NATUNA, Infokepri.com - Batituud Koramil 01/Ranai, Pelda M.M Hasibuan, menghadiri Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba, Karhutla dan Hukum yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan SMA N 1 Bunguran Timur, Jalan Pramuka, Batu Hitam, Ranai, Rabu (10/03/2021). 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Camat Bunguran Timur Hamid Asnan S.Pd, M.A, Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten Arh Agus Sungkowo, Batiuud Koramil 01/Ranai Pelda M.M.Hasibuan, Kepala Sekolah SMU N 1 Bunguran Timur Prihatno Budiryanto, S.Pd, Kasat Binmas Polres Natuna Iptu Sudyono, Kabid Kebakaran Damkar Kabupaten Natuna Saidir, SE, Pengawas Sekolah SMA, SMK, dan SLB, Disdik Prov Kepri H.Asmar Nasution, S.Pd, M.Si, Kasub ITE Poduksi Intelijen dan Penerangan Hukum Kejaksaan Negeri KabupatenNatuna Inggrid Novia Eka Putri, S.H, Kasi Dinas PMD Kabupaten Natuna Mahardi, SP, Babinsa Kelurahan Batu Hitam Sertu M Surya, Staf Ter Kodim 0318/Natuna, Guru Pendamping SMA N 1 Bunguran Timur, Siswa/i SMA N 1 Bunguran Timur sebanyak 50 orang.

Bertindak sebagai narasumber diantaranya, Iptu Sudyono dari Polres Natuna, Saidir SE dari Damkar Natuna, dan Inggrit Novia Eka Putri SH dari Kejaksaan Negeri Natuna.

Pasiter Kodim 0318/Natuna, Kapten Agus Sungkowo dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf dari Dandim 0318/Natuna, tidak bisa hadir bersama-sama dalam acara ini karena sedang dinas luar yang tidak bisa ditinggalkan.

Dikatakannya, acara penyuluhan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan kegiatan non fisik dalam rangkaian program TMMD ke-110 Kodim 0318/Natuna Tahun 2021 dengan tema "Wujud Sinergi Membangun Negeri".

Sedangkan kegiatan fisik TMMD Ke-110 Kodim 0318/Natuna yaitu pembukaan akses jalan dari Dusun Sebayar Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur menuju Desa Selemam Kecamatan Bunguran Timur Laut sepanjang 2000 meter dengan lebar 6 meter.

Sementara Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi penyuluhan narkoba, karhutla, dan hukum, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kodim 0318/Natuna, telah memilih Kecamatan Bunguran Timur sebagai sasaran program TMMD Ke-110 tahun 2021, berupa pembukaan akses jalan menuju Desa Selemam Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Dikatakannya, kegiatan non fisik TMMD Kodim 0318/Natuna Ke-110, yang dilaksanakan hari ini tidak kalah penting dengan sasaran fisik, dimana penyuluhan narkoba, karhutla, dan hukum sangat penting dilakukan untuk menyelamatkan masyarakat. 

Dalam kesempatan ini, Iptu Sudyono dalam materinya menyampaikan, narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat ilmiah, sintetis, maupun semi sintatis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang.

Sedangkan menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan ataupun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

"Untuk itu saya menghimbau kepada anak-anak khususnya kaum milenial, jauhi penyalahgunaan  narkoba karena akan merusak masa depan anda," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Saidir, SE, dari Pemadam Kebakaran menghimbau kepada generasi muda apabila ada melihat mobil Dinas Kebakaran Natuna sedang menuju lokasi kebakaran, jangan ditonton sebaiknya menghindar agar tidak menjadi penghalang bagi petugas untuk memadamkan api yang sedang menyala.

Selanjutnya, Inggrid Novia Eka Putri, SH, dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Natuna, mengatakan penggunaan internet atau medsos di Indonesia berkembang pesat, apalagi pada masa Pandemi Covid-19. 

Khusus bagi anak-anak sekolah yang menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, youtobe, tiktok, dan lain-lain, agar dapat menggunakannya dengan baik dan bijak.

Apabila disalah gunakan akan berhadapan dengan hukum karena generasi muda saat ini sangat rentan menggunakan media sosial yang negative seperti penyebaran berita hoax, penistaan agama di medsos, mendistribusikan video porno melalui medsos dan konten-konten berbahaya lainnya.

Untuk itu saya berharap kepada kaum millenial untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan medsos, gunakanlah media sosial sebagai alat komunikasi dengan baik dan bijak," pungkasnya.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan SH, M.Han, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi dan komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Asep Ridwan. (Nard).


    = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Share it:

Natuna

Post A Comment: