Kapolda Kepri Kunjungi Kampung Tangguh Desa Semedang di Natuna - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Kapolda Kepri Kunjungi Kampung Tangguh Desa Semedang di Natuna

 

Kapolda Kepri Kunjungi Kampung Tangguh Desa Semedang di Natuna

NATUNA, Infokepri.com - Hari Kedua Kunjungan Kerjanya di Kabupaten Natuna, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Riau, Irjen Pol Aris Budiman, M.Si didampingi PJU Polda Kepri, dan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhard, mengunjungi Kampung Tangguh Desa Semedang, Kecamatan Bunguran Batubi, Selasa (30/03/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, S.IK, M.Si, Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Natuna Budi Darma, Pasi Pers Kodim 0318/Natuna Kapten Inf Hasan Basri, Camat Bunguran Batubi, Kepala Desa Semedang beserta staf, Ketua BPD beserta staf, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh pemuda, dan masyarakat Desa Semedang.

Dalam lawatannya, Kapolda beserta rombongan langsung mengadakan pertemuan dengan aparatur dan masyarakat, sekaligus memberikan tali asih kepada aparatur desa yang telah berjuang menciptakan terwujudnya kampung tangguh di Desa Semedang, Kecamatan Bunguran Batubi.

Kepala Desa Semedang, menyampaikan, Kampung Tangguh Siaga diresmikan Kapolres Natuna pada tanggal 15 Juni 2020 yang lalu.

Dikatakannya, Kampung Tangguh diresmikan berdasarkan tiga unsur yakni, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan dan Ketahanan Keamanan.

Ketahanan pangan meliputi 15 hektar sawah padi, Sagu 5 hektar, Kelapa 15 hektar, Ubi 3 hektar, Pisang 5 hektar, Sayur mayur 2 hektar, Karet 15 hektar, Sapi 9 ekor, Ayam 1500 ekor.

Ketahanan kesehatan terdiri dari Puskesdes 1 buah, Rumah Karantina Mandiri 1 buah, Kader Posyandu Balita 5 orang, Kader Posyandu lansia 5 orang, Kader Posbindu 5 orang, Kader Desa Siaga 5 orang, Kader BKB 3 orang, dan Kader Dasawisma 4 orang.

Sedangkan Ketahanan Keamanan meliputi : Poskamling 1 buah, Babinsa 1 orang, Bhabinkamtibmas 1 orang, Linmas 2 orang, dan Pemuda Karang Taruna 15 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kepri Aris Budiman, melalui Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldendhard mengatakan, Desa ini merupakan desa yang sudah dipersiapkan untuk menghadapi Covid-19.

"Kita sangat bersyukur bapak Kapolres bekerjasama dengan perangkat desa hari ini mampu mewujudkan desa ini sebagai desa tangguh," ujarnya.

Tangguh dalam arti mampu menyiapkan ataupun menyediakan kebutuhan hidup masyarakatnya. Kedepan, juga diharapkan tangguh dalam mencegah hal yang dapat merusak mental dan perilaku masyarakat.

Menurutnya, selain di Natuna ada beberapa Kampung Tangguh lainnya di Provinsi Kepri, karena ini merupakan salah satu program prioritas Kapolri.

"Hampir di setiap Kabupaten Kota di Kepri ada Kampung Tangguh, di Kabupaten Kota minimal 3, sementara di kota seperti Batam bisa sampai 5 Kampung Tangguh", katanya.

Ia berharap kedepan, desa lainnya di Kabupaten Natuna mampu mewujudkan Kampung Tangguh seperti Desa Semedang.

Usai meninjau Kampung Tangguh Desa Semedang, Kapolda meresmikan Posko Satgas Penanganan Karhutla, Kecamatan Bunguran Batubi. (Nard).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel