Capaian BPJS Kesehatan Maret 2021, Berikut Penyampaian Kepala Cabang Batam - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Capaian BPJS Kesehatan Maret 2021, Berikut Penyampaian Kepala Cabang Batam

Total Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mulai dari Puskesmas, Klinik dan RS total di Batam ada 101 dan Karimun ada 21, untuk jumlah tempat ti
Share it:
Capaian BPJS Kesehatan Maret 2021, Berikut Penyampaian Kepala Cabang Batam
Penyampaian Kepala Cabang
BATAM, Infokepri.com -
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Batam, Iwan Adriady menyampaikan bahwa wilayah kerja saat ini terdapat di Kota Batam dan Tanjung Balai Karimun. Dengan jumlah penduduk Batam total 1.157.88 penduduk di 12 Kecamatan dan Tanjung Balai Karimun 57.297 Penduduk di 12 Kecamatan.
 
"Pencapaian peserta JKN-KIS sampai dengan Maret 2021, total kepesertaan 1.037.636 jiwa dan yang belum terdaftar 120.246 jiwa, jadi baru 89,62%. Untuk jenis kepesertaan, terdiri dari PBI APBN 163.309 jiwa, Pemda 1.944 jiwa, Pekerja Penerima Upah 574.114 jiwa, Pekerja Mandiri 254.228 jiwa, Pensiunan 4.041 jiwa," terangnya.
 
Hal tersebut disampaikannya pada pencapaian peserta BPJS Kesehatan Maret 2021, dalam Media Gathering BPJS Kesehatan Cabang Batam, bertemakan "Dengan Gotong Royong Semua Tertolong" di Batam Centre - Batam (26/4).
 
Aplikasi BPJS Kesehatan
 
Ia melanjutkan, total Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mulai dari Puskesmas, Klinik dan RS total di Batam ada 101 dan Karimun ada 21, untuk jumlah tempat tidur di Batam 2.105 unit dan Karimun 278 unit, Ruang ICU lengkap dengan ventilator Batam 76 ruang dan Karimun 6 ruang.
 
"Kebutuhan tempat tidur terbilang cukup dan lebih. Dan dalam pelayanan kelas BPJS dan Umum tidak ada perbedaan dan pembatasan, semua sama di setiap FKTP," katanya yang baru menjabat, sebelumnya memimpin di BPJS Kesehatan Cabang Kalimantan Tengah.
 
Berikutnya, peningkatan kualitas layanan dalam masa pandemi Covid-19, diantaranya meluncurkan layanan non tatap muka dengan meluncurkan aplikasi Mobil JKN, E-Dabu Mobile, Pelayanan Administrasi melalui WA/Whatapp (Pandawa), memberikan kemudahan dalam pendaftaran, pembayaran dan hal lainnya.
 
Digitalisasi pelayanan administrasi RS, antrian online, jadwal tindakan operasi. Digitalisasi dan inovasi layanan pada customer journer dalam adaptasi kebiasaan baru.
 
"Peserta BPJS Kesehatan, sekarang dapat menggunakan kartu debit/kredit berlogo visa/mastercard unutk mendaftar autedebit dan membayar iuran JKN-KIS pada aplikasi mobile JKN," jelasnya.
 
Pelayanan Non Tatap Muka
 
Lanjutnya, program Donasi untuk peserta BPJS kesehatan, membantu saudara kurang mampu melunasi tunggakan BPJS. Membantu peserta yang menunggak, masyarakat yang belum terdaftar dan membutuhkan layanan BPJS.
 
Secara nasional terkumpul sekitar Rp 10.677.321, mendorong masyarakat secara luas memberikan kontribusi lebih dalam bentuk donasi. Untuk ikut dapat membuka website BPJS Kesehatan, dalam kanal Donasi.
 
"Secara kepesertaan, Kelas I mendominasi untuk di Batam, karena disini kota pekerja. Hingga saat ini tunggakan yang belum terbayarkan sekitar 50% dari jumlah total kepesertaan dan yang paling banyak peserta mandiri." Pungkasnya. (AP)
Share it:

Batam

Post A Comment: