Harmidi Umar Husen Terpilih Menjadi Ketua Pansus Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Harmidi Umar Husen Terpilih Menjadi Ketua Pansus Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan

Harmidi Umar Husen Terpilih Menjadi Ketua Pansus Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan
Share it:
Harmidi Umar Husen Terpilih Menjadi Ketua Pansus Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan



BATAM, Realitamedia.com – Harmidi Umar Husen terpilih sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyelenggaraan Perpustakaan dan Jimmy Nababan terpilih sebagai Wakil Ketua Pansus.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Muhammad Khamaluddin saat memimpin rapat Paripurna Ke VIII Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021 dengan agenda tanggapan dan atau jawaban Walikota Batam atas pemandangan umum fraksi terhadap Ranperda penyelenggaraan Perpustakaan, sekaligus pembentukan Pansus yang digelar di Gedung DPRD Batam, Batam Centre, Batam (27/4/2020).

"Setelah melalui jeda waktu pemilihan, terpilih sebagai Ketua Pansus, Harmidi Umar Husen dan Wakil Ketua Pansus, Jimmy Nababan," kata Wakil Ketua I DPRD Batam setelah mendapat persetujuan dari anggota DPRD yang menghadiri rapat paripurna tersebut.

Sebelumnya, Walikota Batam melalui Wakil Walikota (Wawako) Batam, Amsakar Ahmad mengatakan bahwa pembentukan Ranperda menjadi instrumen dan dasar hukum dalam rangka penyempurnaan subtansi dapat dilakukan ke tahapan-tahapan selanjutnya antara tim Pansus DPRD dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

"Kami sangat apresiasi apa yang telah disampaikan fraksi DPRD Batam, dan berharap Ranperda Perpustakaan Kota Batam selesai sesuai jadwal yang telah di tetapkan," terangnya.

Berikut pandangan umum fraksi DPRD Kota Batam:

Fraksi PDI-P melalui juru bicaranya, Putra Yustisi Respaty mengatakan bahwa ranperda perpusatakaan diperlukan keterlibatan masyarakat dan komunitas dalam pengembangan perpuskaan umum disemua jajaran pemerintahan, pentingnya profesionalisme perpustakawan SDM yang berjenjang, dan membuka jaringan atau kerjasama antar perpustakaan daerah".

"Membuka kerjasama dengan perguruan tinggi dalam mengembangkan data base, artikel dan lainnya. Dan pengembangan perpustakaan, sekolah dengan SDM yang berkompeten dibidangnya," katanya.

Fraksi Nasdem melalui juru bicaranya, Asnawati Atiq dan PAN melalui juru bicaranya Leo Anggara Putra sama-sama mengusulkan perlu diselenggarakan perpustakaan berbasis online.

Sementara fraksi Golkar melalui juru bicaranya, Jimmy Nababan menyebutkan setiap perpustakaan harus tersedianya ruang yang nyaman dan asri, dan ada disetiap kecamatan.

Fraksi Gerindra melalui juru bicaranya, Capten Luther Jansen menyampaikan perpustakaan harus disesuaikan dengan perkembangan jaman dan bisa diakses sekolah dasar, menengah, dan tinggi.

Fraksi PKS melalui juru bicaranya, Mochamat Mustafa dan Fraksi Hanura melalui juru bicaranya,  Bobi Alexander S mengatakan diharapkan adanya perpustakaan dapat menciptakan kearifan dan berguna bagi masyarakat dengan melihat dinamika yang ada.

Fraski PKB melalui juru bicaranya, Dominggus Roslinus Rega Woge menyebutkan perpustakaan letak keberadaan yang efektif, dan membatasi pembiayaan yang tidak efektif, serta dapat digunakan secara online. 

Fraksi Demokrat PSI melalui juru bicaranya, Tan A Tie menyebutkan perpustakaan tersedia di Mall, Hotel, Cafe dan Perusahan-perusahaan. (IK/AP)


Share it:

Batam

Post A Comment: