Kejari Pasaman Barat Naikkan Status Dua Perkara Dugaan Korupsi dari Penyelidikan ke Penyidikan - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Kejari Pasaman Barat Naikkan Status Dua Perkara Dugaan Korupsi dari Penyelidikan ke Penyidikan

Kejari Pasaman Barat Naikkan Status Dua Perkara Dugaan Korupsi dari Penyelidikan ke Penyidikan
Share it:
Kejari Pasaman Barat Naikkan Status Dua Perkara Dugaan Korupsi dari Penyelidikan ke Penyidikan

PASAMAN BARAT, Infokepri.com - Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Sumatera Barat menaikkan status dua perkara yang sedang ditangani dari penyelidikan ke penyidikan.

Kedua kasus tersebut yakni dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung Aula Dinas Pendidikan Pasaman Barat Tahun Anggaran 2016 dengan pagu dana terkontrak Rp1.232.044.000 dan perkara dugaan tindak pidana pembangunan lapangan tenis "indoor" pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tahun Anggaran 2018 dengan pagu dana terkontrak Rp1.391.930.000.

"Benar, hari ini kita menaikkan status dua perkara yang sedang kita tangani dari penyelidikan ke penyidikan," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pasaman Barat Ginanjar Cahya Permana melalui Kepala Seksi Intel Elianto di Simpang Empat, Jumat (16/4/2021).

Ia menyebutkan Tim penyidik Kejaksaan Negeri Pasaman Barat telah melakukan gelar perkara terkait dengan dua kasus itu.

"Tim penyidik telah menemukan bukti permulaan yang cukup terkait dua kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi pada Dinas Pendidikan dan PUPR Pasaman Barat," katanya.

Ia menyebutkan penyelidikan untuk mencari peristiwa pidana, sedangkan penyidikan untuk mengumpulkan barang bukti dan menentukan tersangka.

Di dalam proses penyelidikan, katanya, tim penyelidik sudah menemukan peristiwa pidana sehingga perkara ini dinaikkan ke tahap penyidikan, yaitu mengumpulkan barang bukti terkait dan menemukan siapa yang akan bertanggungjawab atas peristiwa pidana tersebut.

"Dalam proses penyidikan nanti kita akan tetapkan tersangka," ujarnya.

Pihak-pihak terkait juga sudah dilakukan pemanggilan pada tahap penyelidikan dan akan dilakukan pemanggilan ulang pada proses penyidikan untuk kelengkapan berkas perkara.

Pihaknya berkomitmen menuntaskan perkara yang sedang ditangani itu. Apalagi, banyaknya laporan masyarakat terkait dengan dugaan penyelewengan dalam berbagai kegiatan yang ada.

Pantauan di kejaksaan setempat selam dua minggu terakhir, sejumlah pejabat dan rekanan terlihat datang memenuhi panggilan pihak kejaksaan.(pdp)


Share it:

Pasaman

Post A Comment: