Tradisi Bersih Masjid Jelang Ramadan 1442 H - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Tradisi Bersih Masjid Jelang Ramadan 1442 H

Share it:

 

Tradisi Bersih Masjid Jelang Ramadan 1442 H

LINGGA, Infokepri.com - Kebersihan rumah ibadah merupakan suatu keharusan. Apalagi menjelang Ramadan, masyarakat Desa Panggak Laut antusias bergotong royong membersihkan Masjid dan Tempat Pemakaman Umum (TPU). 

“ Ini adalah sebagai ekspresi rasa gembira akan menyambut datangnya bulan mulia. Tentu kita sambut dengan hati riang dan gembira,”ungkap Paman Atan, disela-sela gotong royong membersihkan lingkungan Masjid Al Hira Panggak Laut, Minggu (11/04/2021) pagi.

Seluruh warga terlibat langsung membersihkan puing-puing sisa pembangunan yang dikerjakan beberapa waktu yang lalu.

“Semoga tahun ini, tidak seperti tahun lalu. Kalau tahun lalu, kita masih diselimuti rasa gelisah dan takut dengan virus corona. Tahun ini, tetap kita mematuhi protokol kesehatan, tetapi rasa gelisah itu sedikit mulai hilang. Hilangnya rasa gelisah akan membuat hati ini terasa tenang untuk beribadah,”tambah Paman Atan.

Ketua Masjid Al Hira Panggak Laut, Junaidi mengatakan bangunan masjid sudah semakin luas, penataan ruangan juga sudah semakin baik. Kita terus berdoa agar Masjid Al Hira ini cepat selesai.

“ Semoga ada donatur yang tergerak untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk masjid,”ungkapnya.

Ia menambahkan, ada beberapa bagian bangunan yang belum tersedia, yakni kubah masjid. 

“Kita mengikuti desain rancangan awal bangunan. Proses terus berjalan dan bertahap. Kita terus membuka donasi kepada para pihak yang ingin membantu agar Masjid Al Hira tampak lebih sempurna,”tambahnya.

Terkait pelaksanaan sholat tarawih tahun ini, akan dilaksanakan seperti biasa. 

“Nanti malam akan kita putuskan bersama para pengurus dan imam masjid, terutama menyangkut petugas sholat sunat tarawih. Sekaligus kita menunggu jadwal santapan rohani dari Pemkab Lingga maupun dari Persatuan Pengurus Mubaligh Kabupaten Lingga. Nanti, kita sesuaikan saja dengan jadwal yang disediakan,”ujarnya.

Ia berharap semoga tahun ini, masjid lebih bersih dan sehat dan masyarakat akan lebih tenang untuk beribadah. 

“ Selamat menyambut Ramadan 1442 H. Kita senantiasa berdoa agar Covid-19 segera berakhir dan Masjid Al Hira dapat selesai sesuai dengan target yang diharapkan.Amin,”tutupnya. (Ril/Syaf)


Share it:

Post A Comment: