Safari Ramadhan Khusus di Masjid Al Majid, Bupati Asahan Minta BKM Pantau Jamaahnya Agar Tetap Terapkan Prokes - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Safari Ramadhan Khusus di Masjid Al Majid, Bupati Asahan Minta BKM Pantau Jamaahnya Agar Tetap Terapkan Prokes

Safari Ramadhan Khusus di Masjid Al Majid, Bupati Asahan Minta BKM Pantau Jamaahnya Agar Tetap Terapkan Prokes


ASAHAN, Infokepri.com – Warga kecamatan Tinggi Raja sangat antusias menyambut kedatangan  Bupati Asahan H. Surya, BSc dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si yang melaksanakan safari Ramadhan khusus di Masjid Al Majid Desa Padang Sari Kecamatan Tinggi Raja, Rabu malam (05/05/2021).
Safari Ramadhan itu juga dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, beberapa OPD dan Ketua Tim Pemenangan ST 20.

“ Selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati Asahan beserta rombongan di Masjid Al Majid dalam rangka safari Ramadhan khusus Pemerintah Kabupaten Asahan,” kata Camat Kecamatan Tinggi Raja Ahmad Saipul Parlagutan Pasaribu, SAP, MM mengawali sambutannya.

Beliau mengatakan merasa bangga, karena dari 25 Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan, Kecamatan Tinggi Raja menjadi salah satu Kecamatan yang terpilih oleh Pemerintah Kabupaten Asahan dalam safari Ramadhan khusus Pemerintah Kabupaten Asahan.

Selanjutnya beliau berharap Pemkab Asahan dapat membantu pembangunan SMK Negeri 1 Tinggi Raja dengan cara memberikan usulan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Semoga dengan usulan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, pembangunan SMK tersebut dapat terealisasikan," ucap beliau.

Beliau juga mengatakan, dengan berdirinya SMK Negeri 1 tersebut berarti Pemkab Asahan telah mewujudkan keinganan dari masyarakat Kecamatan Tinggi Raja.

Selain itu beliau juga mengatakan, di Kecamatan Tinggi Raja memiliki salah satu ikon destinasi wisata yaitu Danau Teratai, dan kami berharap Pemkab Asahan memperhatikan destinasi ini, sehingga banyak masyarakat, baik dari Kabupaten Asahan maupun masyarakat luar Kabupaten Asahan datang ke destinasi Wisata Danau Teratai untuk menikmati wisata tersebut.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Bupati Asahan H. Surya, BSc dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si menyerahkan bantuan kepada Ketua BKM Masjid Al Majid berupa uang tunai serta cinderamata dan memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Pada bimbingan dan arahannya Bupati Asahan H. Surya, BSc menghimbau kepada masyarakat agar  tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan selama bulan suci ramadhan, tidak berkumpul atau berkerumun untuk urusan yang tidak perlu dan tidak melakukan konvoi/pawai dan takbir keliling di jalan-jalan.

Kepada BKM beliau berpesan agar senantiasa melaksanakan Protokol Kesehatan pencegahan covid-19 seperti lantai yang sudah steril, jamaah memakai masker, menyiapkan cuci tangan, dan diharapkan membawa sajadah sendiri sebagai alas tambahan, mempersingkat waktu taushiyah, shalat tarawih dan tadarus dan amaliyah-amaliyah lainnya dengan tidak mengabaikan rukun dan syarat.

BKM dihimbau untuk selalu memantau jamaah yang datang dari luar guna menghindari penyebaran Covid-19 dan apabila ada jamaah yang terganggu kesehatannya, maka BKM/jamaah segera menghubungi pusat kesehatan setempat.

Selanjutnya beliau menghimbau, terhadap pelaksanaan shalat Idul Fitri dianjurkan untuk dilaksanakan di Masjid/Musholla atau disesuaikan situasi dan kondisi dengan mengikuti protokol kesehatan.

Kemudian beliau menghimbau, sesuai anjuran Pemerintah, tidak melakukan mudik yang berpotensi  dapat menularkan covid-19 dan tetap waspada terhadap bahaya covid-19 serta  mendukung dan mensukseskan vaksinisasi Nasional yang telah dicanangkan sebagai upaya Pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 di Indonesia.

Bupati juga menjelaskan bahwa Pelaksanaan Safari Ramadhan Khusus Kali ini berbeda dengan pelaksanaan Safari Ramadhan sebelumnya  Pasca keluarnya Surat edaran Menteri dalam Negeri no. 800/2784/SJ tentang larangan berbuka Puasa bersama pada bulan Ramadhan dan kegiatan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021, pasalnya pelaksaan Safari Ramadhan Khusus yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten kali ini tidak disertai dengan Berbuka Puasa Bersama.

“Rombongan Safari Ramadhan Khusus Kali ini  tidak melaksanakan Buka Puasa Bersama sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam negeri, kita hanya melaksanakan Sholat Isya dilanjutkan dengan Sholat Taraweh berjamaah serta Tausiah tentunya dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan “ tegas H. Surya.

Terkait harapan Masyarakat tentang  pembangunan SMK Negeri I Tinggi Raja. Beliau mengatakan, sebagai Bupati Asahan saya akan mendukung dan mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar pembangunan SMK tersebut dapat direalisasikan, walaupun secara khusus SMK  tidak lagi wewenang Pemerintah Kabupaten.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembangunan SMK Negeri 1 Tinggi Raja seperti harapan Masyarakat, karena rencana pembangunan SMK tersebut sudah lama direncanakan," ucap beliau.

Untuk Danau Teratai yang menjadi salah satu icon destinasi wisata di Kabupaten Asahan, beliau mengatakan, akan memperhatikan icon wisata tersebut, tetapi beliau berharap kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa dapat berkerjasama dengan masyarakat menjaga aset wisata tersebut dengan sebaik mungkin.

Menutup bimbingan dan arahannya beliau berharap, kepada Pemerintah Kecamatan harus selalu membuat inovasi-inovasi baru dalam memajukan destinasi wisata Danau Teratai tersebut dengan melakukan koordinasi dengan OPD terkait.

Diksempatan ini para jamaah diberikan tausiyah agama oleh Al-Ustadz Aswiluddin Rambe yang menyampaikan 3 point penting pada 10 hari terakhir bulan ramadhan yakni meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT, karena 10 malam terakhir ini ada satu malam yang paling mulia dari 1000 bulan yaitu malam Lailatul Qadar.

Point kedua beliau mengatakan, agar kita senantiasi berbuat baik kepada kedua orang tua kita dan point terakhir yaitu menata hati, pandai mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. (Par/Ti)
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel