Wakil Walikota Batam Ajak Masyarakat Dukung Gerakan Cinta Zakat - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Popular Posts

Technology

Wakil Walikota Batam Ajak Masyarakat Dukung Gerakan Cinta Zakat

Wakil Walikota Batam Ajak Masyarakat Dukung Gerakan Cinta Zakat
Share it:
Wakil Walikota Batam Ajak Masyarakat Dukung Gerakan Cinta Zakat



BATAM, Infokepri.com - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengajak masyarakat muslim di Batam untuk mendukung  gerakan cinta zakat.  Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh delapan golongan orang yang berhak menerima zakat.

Gerakan cinta zakat merupakan gerakan nasional yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai salah satu upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak, dan sedekah serta memastikan penyalurannya tepat sasaran.

"Sehingga betul-betul sampai pada saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Amsakar di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (5/5/2021).

Karena itu, Pemko Batam di bawah komando Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga terus mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam.

Sehingga diharapkan pertanggungjawaban kepada muzakki akan lebih mudah dan transparan, karena diserahkan kepada Baznas Kota Batam. Kesadaran masyarakat muslim terhadap zakat diharapkan bisa terus membaik setiap tahunnya.

"Semoga gerakan cinta zakat ini bisa memberikan keberkahan bagi kita semua dan tentunya Kota Batam yang kita cintai," jelasnya.

Amsakar juga berpesan kepada Baznas agar zakat ini bisa dikelola dengan baik dan disalurkan kepada orang-orang yang memang berhak menerimanya. Sehingga bisa memberikan maanfaat bagi penerimanya.

Kemudian Baznas diharapkan bisa memperhatikan ekstra terhadap anak-anak yang hafiz Al-Quran dan orang-orang yang hijrah atau mualaf, serta harus mengambil bagian untuk melakukan pembinaan terhadap orang-orang yang baru masuk islam tersebut.

"Selain itu juga mungkin bisa membantu orang-orang yang sakit tapi tidak memiliki biaya. Karena pada dasarnya itulah fungsi zakat, dimana sebagaian harta kita ini adal milik orang lain," katanya.

Pada kegiatan tersebut Amsakar juga menyalurkan zakat mal, dimana menurut dia harta kekayaanya sebagaimana yang sudah dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Alhamdulillah tadi sudah saya salurkan kewajiban saya," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid juga telah menunaikan kewajiban Zakat Mal (harta) melalui Baznas Kota Batam, Senin (4/5/2021) pagi.

“Untuk masyarakat Muslim Batam, mari menunaikan zakat ini agar menyucikan harta dan semoga kita mendapat keberkahan,” ajak Jefridin

Wakil Ketua I Baznas Kota Batam, Ahmad Fahmi mengatakan kesadaran masyarkat untuk membayar zakat terus membaik. Hal ini dilihat dari penghimpunan zakat yang terus meningkat setiap tahunnya.

"Di Batam alhamdulillah memang terjadi penigkatan, dari yang biasaya Rp300 juta setiap bulan saat ini meningkat menjadi Rp600 juta setiap bulan," kata Fahmi,

Hal itu menurut dia tidak lepas dari peran Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang mendorong ASN muslim untuk menyalurskan zakatnya melalui Baznas. Tak hanya ASN Pemko Batam saja, tapi saat ini juga ASN yang berada di lingkungan BP Batam.

"Insya Allah zakat ini juga akan kembali kepada umat, yang memang berhak menerimanya," katanya.
(MCB)

Share it:

Batam

Post A Comment: