Vaksinasi Covid-19 di Sekupang, Antusias Warga Cukup Tinggi - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Follow by Email

Technology

Vaksinasi Covid-19 di Sekupang, Antusias Warga Cukup Tinggi

Mempercepat program pemerintah pusat untuk menekan virus Covid-19. Aparat pemerintah daerah dan teretorial mengajak, bersama seluruh lapisan masyaraka
Share it:

Vaksinasi Covid-19 di Sekupang, Antusias Warga Cukup Tinggi dan Berjalan Tertib
Kunjungan Wagub Kepri dan Wako Batam

BATAM, Infokepri.com - Mempercepat program pemerintah pusat untuk menekan virus Covid-19. Aparat pemerintah daerah dan teretorial mengajak, bersama seluruh lapisan masyarakat guna mengikuti vaksinasi khususnya di kecamatan Sekupang, Batam - Kepri.

Pada saat kegiatan berlangsung, Komandan Rayon Militer (Danramil) 02/Batam Barat (BB), Kapten, Inf. Hendri Mulyadi menyampaikan bahwa tahap pertama (beberapa minggu yang lalu), tercatat sekitar 860 orang yang di Vaksinasi.

"Sekarang ini diperkirakan mencapai 1800 orang. Dimana Kecamatan Sekupang ini kan ada 7 Kelurahan, jadi tiap kelurahan terdapat 200 sampai 300 orang. Saya dengan Camat cukup bangga, antusias masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi cukup tinggi sekali." terangnya di Vihara Samudra Dharma, Tiban Mentarau, Sekupang - Batam (19/6).

Kendala yang di hadapi dalam vaksinasi, lanjutnya kurangnya Tenaga kesehatan (Nakes), karena terdapat beberapa titik pusat vaksinasi di Batam (seperti di Stadion Temenggung Abdul, Perusahaan, dan lainnya),  sehingga Nakes di setiap Kecamatan sebagian dialihkan kelokasi tersebut.

"Nakes banyak yang ditarik kesana (Stadiun Temenggung). Sehingga kami yang ada disini, di Kecamatan sedikit terkendala di Nakes. Jadi, petugas yang ada/Siaga di tiap-tiap Puskesmas yang ada di Kecamatan Sekupang, kita arahkan kesini, dan diperkirakan ada sekitar 12 Nakes (mulai dari tugas Pendaftaran, vaksinator, dll)," terangnya.

Untuk Pengamanan, lanjutnya lagi dari TNI (20 Personel), Polisi (20 Personel) dan Satpol PP Kecamatan (15 Personel), serta dari Kelurahan dan RT/RW membantu dalam pengarahan, menertibkan masyarakat/warga, mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), dengan jaga jarak sehingga tidak berkerumun dan tertib.

"Dengan antusias masyarakat yang banyak sekali untuk di vaksinasi, kita meminta kesadaran masyarakat sendiri dengan meminta nomor antrian serta menjaga jarak. Berikutnya menerapkan beberapa Pos, sehingga tidak terjadi kerumunan yang mengakibatkan cluster/penyebaran baru akibat dari tidak mematuhi Prokes. Dan vaksinasi gelombang berikutnya akan dilaksanakan di tiap-tiap Kelurahan," jelasnya.

"Khususnya yang belum di vaksinasi segera untuk divaksin karena ini penting untuk meningkatkan imunitas kita. Kami berharap kepada seluruh lapisan masyarakat, bagi yang sudah di vaksinasi untuk tetap jaga dan terapkan Protokol kesehatan. Dan bila perlu untuk tidak keluar rumah, jika tidak ada hal yang penting. Masker tetap dikenakan kaga jarak, cuci tangan hindari kerumunan serta kurangi mobilitas," pungkas Danramil 02/BB.

Video kegiatan Vaksinasi

Di tempat yang sama, Camat Sekupang, M.Arman S.STP menyampaikan bahwa peserta vaksinasi terdiri dari warga yang berada di tiap-tiap kelurahan yang ada di Kecamatan Sekupang - Batam,. 

"Masing-masing kelurahan kita jatah 200 lebih peserta, kecuali kelurahan Tanjung Pinggir kita jatah sekitar 100 peserta, Vaksinasi ini ada juga dilaksanakan di Puskesmas Mentarau - Patam Lestari. Untuk warga yang belum divaksin kita akan laksanakan dihari berikutnya. Tapi, kita mengharapkan sebagian warga yang belum, untuk dapat ke Stadion Temenggung Abdul Jamal, Sei Beduk - Batam," jelasnya.

Berikutnya, Kapuskesmas Mentarau, Jupiter mengatakan bahwa  total vaksinasi di Kelurahan Patam Lestari dan Tiban Indah telah mencapai sekitar 8000 orang, dengan rincian sebelumnya  sekitar 3000 orang (umum) dan sekarang sekitar 1800 orang  (umum), Lanjut usia (Lansia) 800 orang, Pelayan publik kurang lebih 6500 orang.

"Nakes saat ini ada sekitar  34 petugas, termasuk 20 Vaksinator. Nakes ini mobile ada bertugas ke luar, seperti saat ini di Stadiun Tumenggung Abdul Jamal, Perusahaan (Bank Swasta dan Negeri), dan lainnya. Dan yang tidak ke luar, siaga  di Puskesmas. Kami menghimbau kepada pihak kelurahan, untuk dapat mendata warganya, serta berkoordinasi dengan Puskesmas mengatur waktu/jadwal, dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi," tutupnya.

Dari pantauan pewarta selama kegiatan berlangsung, antusias warga cukup tinggi, sehingga sempat terjadi kerumunan, namun dengan cepat diurai oleh pihak keamanan Personil Koramil 02/BB, Polsek Sekupang (TNI/Polri), dan Satpol PP. Dalam pelaksanaannya setiap peserta dibagi menjadi perkelompok dan selanjutnya melewati empat (pos) sebelum menjalani suntik vaksin Covid-19.

Pada kegiatan vaksinasi masal, berlangsung aman, tertib dan terkendali. Serta mendapat kunjungan langsung dari Komandan Kodim 0316/Batam, Wakil Walikota Batam, Walikota Batam, dan Wakil Gubernur Kepri. (AP)

Share it:

Batam

Post A Comment: