Akibat Curah Hujan Tinggi 19 Desa Yang Tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Asahan Terendam Banjir - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Akibat Curah Hujan Tinggi 19 Desa Yang Tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Asahan Terendam Banjir



ASAHAN, Infokepri.com –   Akibat curah hujan yang tinggi 19 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Asahan terendam banjir. Sedikitnya 707 KK/RT setara 1.898 jiwa terdampak banjirr.  Angka itu akan terus bertambah pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Asahan masih terus melakukan pendataan terhadap korban yang terdampak banjir tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo ) Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat dalam rilisnya yang disampaikan oleh Kabid Komunikasi Media Cetak dan Elektronik, Arbin Ariadi Tanjung kepada sejumlah awak media melalui group WahtsApp pada Senin (16/8/ 2021)  mengatakan intensitas hujan sedang hingga tinggi dan lama yang turun pada tiga hari terakhir hingga hari Minggu (15/8/2021) sore sekira pukul 18.30 WIB hingga Senin (16/8/2021) pukul 10.00 WIB  di seluruh wilayah Kabupaten Asahan, berdampak naik dan meluapnya debit air di beberapa sungai di Kabupaten Asahan, serta saluran air/parit yang banyak tersumbat/tidak lancar. 

Kenaikan genangan luapan air terjadi secara variatif wilayah, mulai tanggal 13 Juni 2021 di Desa Bangun Sari Kec.Setia Janji, tanggal 14 Agustus 2021 di Desa Perk.Sei Dadap III/IV Kec.Sei Dadap dan di Desa Tanah Rakyat Kec.Pulo Bandring serta sejak tanggal 16 Agustus 2021 di desa-desa lainnya.

Akibat Curah Hujan Tinggi 19 Desa Yang Tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Asahan Terendam Banjir

Ia menyebutkan ketinggian air bervariatif dari ketinggian sekitar 50cm-150cm diatas permukaan tanah dan sekitar 30-60cm di dalam rumah. 

“ Kondisi ini juga diikuti dengan terjadinya longsor pada ruas jalan Kabupaten di Dusun III Desa Gotting Sidodadi Kec. Bandar Pasir Mandoge dengan diameter panjang kurang lebih 50 meter, lebar kurang lebih 40 meter dan kedalaman sekitar 17 meter," katanya.


Ia menjelaskan hingga Senin (16/8/2021) pukul 16.00 WIB, wilayah lokasi terdampak genangan luapan air/banjir serta longsor dibeberapa wilayah kabupaten Asahan yaitu  :

  1. Desa Tanah Rakyat Kecamatan Pulo Bandring
  2. Desa Sei Silau Tua Kec. Setia Janji
  3. Desa Sei Silau Barat Kec. Setia Janji
  4. Desa Urung Pane Kec. Setia Janji
  5. Desa Bangun Sari Kec. Setia Janji
  6. Desa Perk. Sei Dadap III/IV Kec. Sei Dadap
  7. Desa Perk.Sei Dadap I/II Kec. Sei Dadap
  8. Desa Tanjung Alam Kec. Sei Dadap
  9. Desa Sei Kamah Baru Kec. Sei Dadap
  10. Desa Bahung Sibatu-batu Kec. Sei Dadap
  11. Desa Terusan Tengah Kec. Tinggi Raja
  12. Desa Karya Ambalutu Kec. Buntu Pane
  13. Desa Punggulan Kec. Air Joman
  14. Desa Rawang Lama Kec. Rawang Panca Arga
  15. Desa Rawang Pasar IV Kec. Rawang Panca Arga
  16. Desa Hessa Air Genting Kec. Air Batu
  17. Desa Perk. Hessa Kec.Simpang Empat
  18. Desa Gotting Sidodadi Kec. Bandar Pasir Mandoge
  19. Kelurahan Siumbut-umbut Kec. Kota Kisaran Timur

Untuk penanganan, katanya, BPBD Kab.Asahan bersama dengan perangkat Kecamatan serta perangkat Desa masing-masing melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir yang terdampak serta kerusakan sarana prasarana yang ada.


Selain itu, kata dia, mendirikan posko siaga bencana, posko kesehatan dan dapur umum dan pemberian pemenuhan kebutuhan dasar bagi korban terdampak.

“ BPBD Kabupaten Asahan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk penanggulangan bencana. Menghimbau warga untuk tetap siaga dan berpindah dari rumah jika air terus bertambah,” katanya.

Kondiri Terkini :

  • Kondisi genangan air di Desa Sei Silau Tua, Desa Sei Silau Barat, Desa Karya Ambalutu telah surut total.
  • Kondisi genangan air di Desa Sei Alim Hassak,  terus berangsur surut  dan diperkirakan akan terus surut hingga malam hari ini jika hujan tidak turun kembali
  • Kondisi genangan air di Desa Tanah Rakyat, Desa Perk.Sei Dadap I/II, Desa Tanjung Alam, Desa Sei Kamah Baru. Desa Bahung Sibatu-batu, Desa Terusan Tengah, Desa Rawang Lama, Desa Rawang Pasar IV, Desa Perk. Hessa terus berangsur surut  dan diperkirakan akan terus surut hingga esok pagi jika hujan tidak turun kembali
  • Kondisi genangan air di Kelurahan Siumbut-umbut, Desa Punggulan masih terpantau relative bertahan.


Dampak :

  • Sedikitnya sebanyak 707 KK/RT setara 1.898 jiwa terdampak tergenang air (masih terus dilakukan pendataan).
  • Satu  buah tanggul penahan sungai jebol di Desa Punggulan Kec.Air Joman
  • Satu titik Saluran drainase rusak di Desa Tanah Rakyat Kec.Pulo Bandring
  • Satu unit rumah warga di Desa Karya Ambalutu rusak sedang
  • Satu unit SD Negeri terancam rubuh karena berbatasan dengan longsoran di Desa Gotting Sidodadi Kec.B.P.Mandoge
  • Dua SD Negeri terendam di Desa Perk.Sei Dadap III/IV Kec. Sei Dadap dan Desa Bangun Sari Kec. Setia Janji
  • Tiga buah rumah ibadah terendam di Desa Perk.Sei Dadap III/IV Kec. Sei Dadap, Desa Bangun Sari Kec. Setia Janji, Desa Terusan Tengah Kec. Tinggi Raja.
  • Akses jalan umum terendam sehingga tidak bisa dilalui arus lalu lintas
  • Beberapa luasan areal pertanian serta perikanan warga terendam.

Akibat peristiwa ini tidak ada korban banjir namun warga yang sakit ada 5 orang di Desa Perkebunan Sei Dadap III/IV dan Desa Tanah Rakyat. Sedikitnya yang terdata 30 KK/RT mengungsi ke rumah keluarga yang tidak terdampak banjir.

Akibat genangan banjir ini mengakibatkan kerusakan abrasi sedang badan jalan desa dan lahan persawahan milik warga terendam.

Kendala /hambatan yang dialami, sebagian warga memilih bertahan di rumah meskipun rumahnya tergenang air. Selain itu sedimentasi sungai yang tinggi menyebabkan air mudah meluap jika debit air tinggi akibat curah hujan yang turun.

Hingga saat ini, katanya, BPBD Kabupaten Asahan melakukan pemantauan secara berkala real time lokasi yang terdampak. Serta menghimbau warga terdampak agar tetap siaga, dan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di lokasi terhadap situasi yang berkembang saat ini.

Arbin Ariadi Tanjung juga menjelaskan jika masyarakat mendapat keluhan atau ingin menyampaikan terkait masalah banjir ini atau masalah peristiwa lainnya dapat menghubungi Call Centre 0623 347924, Fax: 0623-347924, HP/WA: 0822-6005-5990, email: bpbdkab.asahan@gmail.com, https://bpbd.asahankab.go.id (Ti)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel