Bupati Lingga: Terasa Gejala Covid-19, Segera ke Rumah Sakit - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Lingga: Terasa Gejala Covid-19, Segera ke Rumah Sakit

Bupati Lingga: Terasa Gejala Covid-19, Segera ke Rumah Sakit
Suasana Pertemuan

LINGGA, Infokepri.com - Bupati Lingga, Muhammad Nizar melakukan diskusi bersama Satgas Covid-19, Direktur Rumah Sakit, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lingga dan Dinas Kesehatan, prihal penyebab krusial meningkatnya angka kematian yang disebabkan Covid-19.

Salah satunya adalah adanya penyakit penyerta atau komorbiditas pada pasien dan keterlambatan penanganan medis dikarenakan kecenderungan masyarakat yang masih saja mengangap penyakit ini biasa, sehingga enggan berkonsultasi ke rumah sakit. Namun berujung gejala berat hingga mengancam nyawa.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk cepat berkonsultasi ke rumah sakit, jika merasakan gejala sakit demam, pernapasan atau sejenisnya yang dialami.Jangan menunggu sakitnya semakin parah baru kerumah sakit," jelasnya di ruangan kerjanya, (10/8).

Pihak yang terlibat dalam penanganan, lanjutya seperti Satgas Covid-19 atau dari kesehatan semakin meningkatkan frekuensi kegiatan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Peran penting ini diharapkan dapat mendidik masyarakat, salah satunya memahami gejala Covid-19.

Begitu juga semua lapisan masyarakat diharapkan dapat aktif dalam pembaruan informasi, baik berupa gejala maupun data kasus. "Semua pihak bahu membahu, saling membantu dan mengingatkan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan patuh terhadap himbauan yang dikeluarkan pemerintah," tegasnya.

Berikutnya, terkait kelengkapan kesehatan, fasilitas medis seperti ketersediaan oksigen dirumah sakit, dapat menjadi faktor penunjang dalam memimalisir kasus. Dengan komitmen dan hasil diskusi.

Ia berharap kedepannya tidak ada lagi kasus kematian dikarenakan covid-19. "Semoga kasus terkonfirmasi berkurang, apalagi sampai meninggal," tutupnya.

Sebagaimana diketahui dari data tim satgas Covid-19, kasus Covid-19 di Kabupaten Lingga mencapai 1753 jiwa, diantaranya  kasus aktif sebanyak 105 jiwa, sembuh mencapai 1598 jiwa, dan kematian mencapai 50 jiwa.

Berikutnya, hal senada sekretaris tim Satgas Covid-19 Lingga, Okta Tianus Wirsal menyampaikan bahwa bagi masyarakat atau warga yang merasakan gejala-gejala Covid-19 agar segera melapor ke rumah sakit atau tim satgas. Agar dapat ditangani cepat oleh tim medis.

"Kalau dirumah itukan tidak diketahui, nanti sudah parah baru ke rumah sakit. Kami harap yang seperti itu tidak ada lagi, agar dapat menekan kasus kematian," katanya.(rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel