Masuki Babak Baru, Pansus Minta Barenlitbang Mengupdate Data dan Melengkapi Draft RPJMD 2021-2026 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Masuki Babak Baru, Pansus Minta Barenlitbang Mengupdate Data dan Melengkapi Draft RPJMD 2021-2026

Masuki Babak Baru, Pansus Minta Barenlitbang Mengupdate Data dan Melengkapi Draft RPJMD 2021-2026


BATAM, Infokepri.com – Pembahasan draft rancangan peraturan daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 mulai memasuki babak baru. 

Rapat pembahasan draf Ranperda RPJMD 2021-2026 ini dipimpin oleh Ketua Pansus Taba Iskandar pada Selasa (3/8/3021) di Graha Kepri, Batam.

Ketua Pansus, Taba Iskandar mengatakan poin-poin yang dibahas kali ini mulai memasuki detail-detail yang kemudian akan digodok dan dijadikan sebagai isu strategis di RPJMD 2021-2026. 

Ia menyebutkan pembahasan rapat hari ini telah disepakati antara lain tentang batas-batas wilayah Kepri, kependudukan atau sumber daya manusia dan telekomunikasi.

Selain itu, Taba Iskandar juga menyebutkan beberapa detail lainnya antara lain tentang kesehatan termasuk didalamnya data rumah sakit, kondisi grografis Kepri yang mayoritas adalah kepulauan.

Masuki Babak Baru, Pansus Minta Barenlitbang Mengupdate Data dan Melengkapi Draft RPJMD 2021-2026

Dalam rapat selanjutnya juga perlu didukung adanya data yang bisa dipertanggungjawabkan untuk melengkapi poin-poin yang dijadikan sebagai isu strategis. 

“Serta perlu adanya penomoran kabupaten/kota sesuai dengan potensi dan kondisi geografisnya dalam pembahasan RPJMD ini,” jelas Taba.

Hal senada disampaikan anggota Pansus Hanafi Ekra yang menyebutkan Barenlitbang sebagai pengusul draft RPJMD 2021-2026 ini harus selalu mengupdate data-data pendukungnya. 

“Barenlitbang harus selalu update data dan melengkapi draft RPJMD ini,” ungkapnya.

Beliau mencontohkan seperti update data kependudukan, termasuk didalamnya urbanisasi atau perpindahan penduduk baik dari antar kota didalam provinsi atau perpindahan penduduk dari dan ke dalam provinsi. Selain data kependudukan persoalan telekomukasi juga masih sangat minim.

“Apalagi disaat pandemi seperti ini, telekomunikasi menjadi sangat penting karena digunakan sebagai sarana belajar mengajar. Perlu diperhatikan di beberapa pulau yang masih sangat susah untuk mendapatkan jaringan yang imbasnya ke anak didik yang tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online dengan baik,” bebernya.

Mengenai kesehatan, Kamaruddin Ali mengatakan masih ada kabupaten/kota yang belum masuk di dalam draft RPJMD. 

“Seperti Lingga, data kesehatannya belum ada, padahal setiap hari rata-rata ada tiga orang meninggal karena Covid-19,” kata Kamaruddin Ali.

Sementara anggota Pansus Sirajuddin Nur mengatakan seharusnya semua arah dan kebijakan yang dituangkan di dalam RPJMD mampu menjawab semua permasalahan atau isu strategis yang ada saat ini hingga lima tahun kedepan. 

“Tentang target pertumbuhan ekonomi semestinya dengan RPJMD ini bisa menjawabnya, tapi masih banyak data yang saya anggap belum lengkap dan tidak bisa menjawab atau menyelesaikan permasalahan yang ada,” ungkap Sira.

Ia memberi contoh tentang arah kebijakan industri pengolahan yang dianggap sebagai penyumbang pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Saat ini, katanya, industri pengolahan sudah tidak bisa diharapkan sebagai penyumbang utama pertumbuhan ekonomi karena situasi pandemi yang mengakibatkan industri ini lesu dan itu bisa digantikan dengan  kemaritiman.

Sedangkan Sahmadin Sinaga menjelaskan tentang data kependudukan serta kondisi geografis Kepri. Ia menyebutkan bahwa wilayah Kepri yang terdiri dari ribuan pulau ini semestinya memiliki data baik tentang kependudukan ditiap-tiap pulau hingga pulau-pulau yang tidak berpenghuni. 

“Setelah memperoleh data tersebut, kita bisa memprioritaskan pembangunan ditiap-tiap pulau dan memaksimalkan potensi yang ada ditiap-tiap pulau,” katanya. (Pay)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel