Potensi Capai Rp 3 Triliun, Berikut Pesan Gubernur Usai Lantik Ketua Baznas Kepri - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Popular Posts

Technology

Potensi Capai Rp 3 Triliun, Berikut Pesan Gubernur Usai Lantik Ketua Baznas Kepri

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa besarnya potensi pengumpulan zakat di Provinsi Kepulauan Riau yang mencapai Rp 3 Triliun atau setara dengan 1,82%
Share it:

Potensi Capai Rp 3 Triliun, Berikut Pesan Gubernur Usai Lantik Ketua Baznas Kepri

TANJUNG PINANG, Infokepri.com - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H.Ansar Ahmad melantik Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri Periode 2021- 2026.

"Semoga pengukuhan ini, semakin meneguhkan semangat dan komitmen kita semua, untuk semakin mengembangkan tata kelola zakat di Provinsi Kepulauan Riau ini," katanya di Gedung Daerah Tanjung Pinang - Kepri, (3/8).

Pelantikan tersebut, tertuang dalam Keputusan Gubernur Kepri No.903 tahun 2021 tertanggal 16 Juli 2021.
Sebagai ketua, Arusman Yusuf
Sebagai Wakil Ketua I, Suparwi
Sebagai Wakil Ketua II, Pauzi
Sebagai Wakil Ketua III, Nanang Rohendi
Sebagai Wakil Ketua IV, Deni Mulyana

Gubernur Kepri berharap kepada pimpinan Baznas Provinsi Kepri yang baru dikukuhkan agar tidak hanya sekadar menjalankan program BAZNAS periode sebelumnya. Tetapi juga harus mampu melahirkan gagasan-gagasan dan langkah-langkah baru yang kongkrit untuk memajukan peran dan fungsi BAZNAS secara komprehensif di Kepri.

"Optimalkan seluruh kapasitas SDM Amil dan libatkan jalinan kemitraan yang baik dengan berbagai stakeholder. Pastikan pengelolaan zakat di Provinsi Kepulauan Riau mematuhi prinsip Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa besarnya potensi pengumpulan zakat di Provinsi Kepulauan Riau yang mencapai Rp 3 Triliun atau setara dengan 1,82% dari PDRB tahun 2017. Berdasarkan Indikator Pemetaan Potensi Zakat (IPPZ) hasil penelitian Pusat Kajian Strategis (PUSKAS) Baznas RI Tahun 2019.

"Di masa pandemi saat ini, peran zakat menjadi semakin penting untuk meredam dampak multidimensi dari Pandemi Covid-19. Oleh karenanya, perlu dilakukan pengoptimalan dalam proses pengumpulan zakat agar kontribusi zakat dapat terus ditingkatkan dalam pengentasan kemiskinan dan mewujudkan keadilan sosial," jelasnya.

Berikutnya, Ketua Baznas RI, Noor Achmad dalam sambutannya berharap dibawah bimbingan Gubernur Ansar, Baznas Kepri akan semakin berkembang dan menunjukkan eksistensinya. Karena kepengurusan yang lalu juga sudah luar biasa.

"Saya berharap kepengurusan yang baru dilantik ini dapat meningkatkan pencapaian kepengurusan yang lalu. Di Baznas pusat, kita sedang melakukan program penguatan organisasi, SDM, Sarana Prasarana, dan jaringan. Saya harap kepengurusan Baznas daerah dapat mengikutinya," katanya.

Ketua Baznas RI berharap Gubernur dapat memperkuat kelembagaan Baznas di Kepri. Karena Baznas merupakan bagian dari pemerintahan itu sendiri. Dan juga penguatan Sarpras, terutama digitalisasi sehingga ada pelaporan pengelolaan zakat yang dapat terus menerus dipantau Gubernur.

"Akan menjadi jaringan nasional sehingga dapat dilihat masyarakat secara transparan," pungkasnya. (AP)

Share it:

kepri

Tanjung Pinang

Post A Comment: