Bupati Natuna Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2021 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Natuna Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2021

Bupati Natuna Menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2021
Bupati Natuna Wan Siswandi menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). (Fhoto : Ist).

NATUNA, Infokepri.com - Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penerimaan Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah. Penyerahan Penghargaan ini di terima Bupati di Ruang Kerja di Kabupaten Natuna, Selasa (28/09/2021).

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos,.M.Si memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

Menurutnya, saat ini pemerintah Kabupaten Natuna telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai Amanat Presiden No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Ini semua merupakan bentuk keberhasilan Kabupaten Natuna dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, sehingga pada pelaksanaannya, Kabupaten Natuna mengangkat critical issue dalam program PUG.

Diantaranya meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender. Serta mengawal kesepakatan pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya (melaksanakan) strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.

“Alhamdulillah, Kabupaten Natuna telah menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Utama tahun 2021. Semoga upaya kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan bisa terwujud dan Penghargaan ini harus dipertahankan dan di tingkatkan, kami harus menjadi lebih baik lagi, terima kasih kepada stakeholder terkait yang telah berperan aktif dalam pencapaian penghargaan ini,” ujar Bupati Wan Siswandi.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna, Sri Riawati mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di kabupaten/kota nantinya diharapkan akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar-benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

“Dengan diterimanya penghargaan APE kategori Utama semakin meningkatkan motivasi kerja kami terutama pokja PUG. Dan kami akan mengadvokasi lembaga masyarakat, dunia usaha dan media untuk berpartisipasi dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sehingga APE di tahun mendatang bisa kami peroleh dengan kategori utama sesuai target di dalam RPJMD tahun 2021 sampai dengan 2026,” imbuhnya. (Nard/R).

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel