Buralimar Membuka Kegiatan Pembinaan Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata Tahun 2021 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Buralimar Membuka Kegiatan Pembinaan Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata Tahun 2021

Buralimar Membuka Kegiatan Pembinaan Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata Tahun 2021

BATAM, Infokepri.com – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri Buralimar membuka  kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi atau Pembinaaan Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata Tahun 2021  yang digelar Dispar Provinsi Kepri di Beverly Hotel Batam, Rabu (8/9/2021).

Dihadapan 100 peserta anggota dari Pokdarwis dan pengelolah wisata swasta Kota Batam yang mengikuti kegiatan ini, Buralimar mengatakan kegiatan ini merupakan yang pertama digelar Dispar provinsi Kepri untuk membina Pokdarwis di Kota Batam. 

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memacu semangat para anggota Pokdarwis Kota Batam saat pandemi Covid-19, terlebih saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) fokus memajukan pariwisata.

Dalam kegiatan ini, panitia menghadirkan dua orang narasumber yakni, Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata dan Gery selaku Pengelolah Pandang Tak Jemu Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip.

Buralimar mengharapkan dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan pariwisata di Kepri dapat bergairah kembali menuju wisata Aman tahun 2022.

Dalam pemaparannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ardiwinata menjelaskan bahwa Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mempunyai peran penting memajukan pariwisata di Kota Batam khususnya dan Kepri umumnya. 

Ia menyebut Pokdarwis adalah kelompok masyarakat yang memiliki peran penting dan kontribusi pariwisata di daerahnya.

Dikatakannya seorang anggota Pokdarwis harus memahami Sapta Pesona yaitu konsep sadar masyarakat sadar wisata sebagai tuan rumah destinasi dalam upaya menciptakan lingkungan dan suasana kondusif, yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata, melalui tujuh unsur yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

"Jangan bicara profit dulu, tetapi apa yang kita siapkan. Bagaimana mengelolah pariwisata yang baik karena kita adalah pelaku pariwisata," tegasnya.

Ia mengharapkan setelah memahami tentang Sapta Pesona kita harus menerapkan di tempat wisata tersebut dan juga dipromosikan lewat media sosial.

"Misalnya kita harus menjaga kebersihan, memberikan rasa nyaman, wisata yang indah ada tanaman-tanamannya, ramah kepada wisatawan, sehingga memberikan kenangan kepada pengunjung untuk datang kembali," ucapnya.

Menurutnya ada tiga konsep mengembangkan pariwisata yakni aksesbilitas, amenitas, dan atraksi. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sudah mengembangkan infrastruktur Kota Batam dalam konsep pariwisata.

Kemudian atraksi ada dua yakni atraksi alam, seperti hutan mangrove, pantai, dan atraksi buatan adanya bazar kuliner dan penampilan budaya. Tempat wisata ini harus mempunyai amenitas yakni dukungan objek wisata seperti adanya rumah sakit, restoran, dan sebagainya.

"Community Based Tourism (CBT) juga harus ada amenitas. Kalau wisatawan lapar ada tempat makan, kalau mereka sakit setidaknya ada obat, dan tempat tinggal mereka yakni homestay." ujarnya.

Homestay merupakan rumah warga lokal yang disewakan kepada turis. 

"Kita punya rumah kita jadikan tempat tinggal wisatawan, kita ajarkan mereka budaya, kita ajak makan khas makanan kita seperti ikan asam pedas" ungkapnya. (MC)
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel