Peran MUI, Ini Kata Gubernur dan Kepala Kemenag Kepri - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Peran MUI, Ini Kata Gubernur dan Kepala Kemenag Kepri

Peran MUI, Ini Kata Gubernur dan Kepala Kemenag Kepri
Gubernur Kepri

BATAM, Infokepri.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan satu komponen penting dalam sistem pembinaan umat muslim khususnya. Dan juga telah bisa mengantisipasi munculnya berbagai aliran, baik agama atau kepercayaan yang terjadi ditengah masyarakat.

MUI terus secara profesional, sesuai tugas dan tanggung jawabnya, menjawab maraknya persoalan keagamaan, dengan memberikan solusi alternatif yang bisa menyejukkan dalam kehidupan beragama.

"Sehingga setiap persoalan yang muncul, tidak sampai menimbulkan perdebatan dan keresahan ditengah–tengah masyarakat," kata Ketua DPP MUI Korwil Wilayah Sumatera, Yusnar Yusuf.

Hal tersebut disampaikannya pada pembukaan secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Ke- IV MUI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di Bengkong Laut, Bengkong - Batam, Jum’at malam (17/9).

Berikutnya, pada kesempatan itu. Gubernur Kepri, H.Ansar Ahmad menyampaikan bahwa MUI menjadi wadah, sebagai rujukan umat muslim di Indonesia melalui fatwanya. Keberadaan MUI sekaligus juga menjadi perekat antara ulama dan masyarakat, sehingga terlahir tatanan kehidupan masyarakat Kepri yang aman dan kondusif.

"Keberadaan MUI juga menjadi mitra strategis pemerintah, yang secara bersama-sama, terus menghela proses perwujudan peradaban Islam yang rahmatan lil alamin di Indonesia," terangnya.

Lanjutnya, peran lain lembaga para ulama/MUI juga sudah sangat luar biasa, di bidang pendidikan terus mengontrol dan memberikan masukan kepada pemerintah terkait buku pelajaran sekolah, agar tidak muncul pertentangan antara konsep keilmuan dengan ajaran Islam.

Selanjutnya, MUI terus membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam pengurusan sertifikasi halal. Guna memberikan jaminan rasa aman atas produknya, ditengah kondisi bangsa yang masih menghadapi pandemi Covid-19.

Wilayah Kepri sebagai daerah industri dan tujuan pariwisata, sekaligus pintu gerbang masuknya wisatawan lokal maupun mancanegara, membutuhkan jaminan kehalalan atas setiap produk yang ingin mereka beli dan konsumsi, tentunya.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kepri mengucapkan selamat menggelar Musda, mudah – mudahan terbentuk kepengurusan yang makin baik lagi kedepannya," tutup Gubernur Kepri dalam sambutannya.

Berikutnya, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Mahbub Daryanto menyampaikan bahwa tidak meragukan bagaimana peran MUI selama ini sebagai mitra strategis pemerintah. Terutama peran MUI memberikan solusi terkait persoalan fatwa hukum beragama.

Untuk itu, ia mengapresiasi peran MUI yang telah mengantarkan kehidupan beragama berjalan dengan baik. Sehingga kerukunan hidup beragama dan antar agama, terus terjaga dalam bingkai toleransi yang tinggi di Provinsi Kepri. (rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel