Bupati Natuna Sosialisasikan dan Simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas, dan APM Bagi Seluruh Aparatur Desa - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Natuna Sosialisasikan dan Simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas, dan APM Bagi Seluruh Aparatur Desa

 

Bupati Natuna Sosialisasikan dan Simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas, dan APM Bagi Seluruh Aparatur Desa
Bupati Natuna Wan Siswandi, S.Sos, M.Si, saat memberikan kata sambutan. (Fhoto : Bernard Simatupang).

NATUNA, Infokepri.com - Seiring dengan perkembangan zaman, setiap daerah dituntut mampu memanfaatkan aplikasi berbasis digital sebagai langkah mempercepat pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Natuna, Wan Siswandi, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dan simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas, dan Anjungan Pelayanan Mandiri (APM) bagi seluruh aparatur desa, bertempat di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Kamis (21/10/2011).

Menurutnya, dengan pelayanan berbasis aplikasi digital dapat mempermudah segala kegiatan pemerintah, dimulai dari aparatur desa hingga Pemerintah Kabupaten. 

Bupati Natuna Sosialisasikan dan Simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas, dan APM Bagi Seluruh Aparatur Desa
Para OPD Terkait, para Kepala Desa dan Undangan Lainnya (Fhoto : Bernard Simatupang)


Kemudian kata Siswandi, data yang valid dimulai dari tingkat desa yang cerdas, sehingga akan menjadi pertimbangan yang matang daerah untuk perencanaan pembangunan kedepan. 

"Data yang valid itu berawal dari desa, jika desa saja sudah tidak valid, bagaimana dengan data tingkat kabupaten. Jadi aplikasi digital ini sangat penting dapat diterapkan disetiap desa," terangnya. 

Lebih lanjut Siswandi mengatakan, para peserta Kepala Desa se-Kabuten Natuna dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dan simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas, dan APM secara serius. 

"Saya berharap para peserta yakni seluruh Kades Se-Kabupaten Natuna dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai, agar paham dalam menerapkan aplikasi digital ini," tuturnya.

Sementara Novriyanto, Pengembang Apliaksi Natuna Digital dari PT Poros Jaya Gemilang dalam sambutannya mengatakan, sistem  aplikasi ini mengacu pada UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa.  

Menurut UU tersebut kata Novrianto, setiap desa berhak mendapatkan layanan tekhnologi informasi melalui aplikasi digital. 

"Atas landasan hukum tentang keterbukaan informasi digital, kami dari PT Jaya Gemilang mengambil insiatif bagaimana kita mencoba memulai dari desa cerdas untuk mewujudkan Kabupaten Natuna Digital", terangnya. 

Bupati Natuna Sosialisasikan dan Simulasi Aplikasi Natuna Digital Desa Cerdas, dan APM Bagi Seluruh Aparatur Desa
Bupati Natuna saat memasuki ruang pertemuan ( Fhoto : Bernard.Simatupang)


Novrianto menjelaskan, Anjungan Layanan Mandiri dapat digunakan untuk membantu pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas administrasi kependudukan, serta merekapitulasi pelayanan dan pemantauan penduduk, sehingga memudahkan pemerintah cepat dalam menindaklanjuti masalah yang ada di Natuna. 

"Tidak hanya itu layanan ini sebenarnya dapat di akses secara online dengan menggunakan Aplikasi Natuna Digital," pungkas Novrianto. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Arismunandar, Plt. Sekda Natuna Boy Widjanarko, Kepala BPMPD, dan sejumlah OPD terkait. (Nard).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel