Pemkab dan DPRD Pasbar Menyepakati Perjalanan Dinas Hanya Tiga Kali Dalam Setahun - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Pemkab dan DPRD Pasbar Menyepakati Perjalanan Dinas Hanya Tiga Kali Dalam Setahun

Pemkab dan DPRD Pasbar Menyepakati Perjalanan Dinas Hanya Tiga Kali Dalam Setahun

Pemkab dan DPRD Pasbar Menyepakati Perjalanan Dinas Hanya Tiga Kali Dalam Setahun
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi Saat Berkunjung ke Simpang Empat (25/10/2021) (Fhoto : Ist)

 PASAMAN BARAT, Infokepri.com – Untuk efisiensi anggaran di tengah pandemic Covid-19 ini, Pemkab Pasaman Barat akan membatasi perjalanan dinas ke luar daerah bagi seluruh OPD.

“ Untuk 2022 perjalanan dinas bagi OPD hanya disediakan Rp50 juta di luar dinas yang besar seperti Dinas Pekerjaan Umun, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan dinas besar lainnya yang butuh lobi ke pusat untuk menggaet anggaran," kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi di Simpang Empat, Senin (25/10/2021)

Ia mengatakan pembatasan perjalanan dinas bagi OPD hanya disediakan tiga kali setahun baik dalam maupun luar propinsi.

Menurutnya dengan dibatasinya plafon anggaran itu maka daerah bisa hemat sekitar Rp30 miliar. Anggaran itu bisa digunakan untuk pembangunan kepentingan masyarakat.

Ia mengakui dengan wabah pandemi Covid-19 saat ini sektor keuangan baik pusat sampai ke daerah mengalami pengaruh karena anggaran banyak mengarah untuk penanggulangan penyebaran Covid-19.

“ Melihat kondisi itu maka perjalanan dinas OPD kita batasi untuk efisiensi anggaran yang ada, ujarnya.

Ia menegaskan jika perjalanan dinas pada suatu tempat atau lembaga pernah dilakukan sebelumnya maka tidak perlu dilakukan karena sudah berulang.

Artinya jika berkunjung ke tempat berulang tidak perlu lagi. Kecuali dinas yang memang perlu lobi menggaet dana pusat, sebutnya.

Selain menggunakan anggaran APBD, katanya pembangunan juga menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk dikucurkan kepada pembangunan di masyarakat.

Pihaknya telah membahas anggaran 2022 bersama DPRD beberapa waktu lalu dengan mempertimbangkan skala prioritas yang akan dilakukan.

Harmonisasi dengan DPRD sangat penting dalam menetapkan anggaran yang akan digunakan. “ Mudah-mudahan anggaran itu nantinya bisa banyak untuk kepentingan masyarakat. Saat ini ABPD Pasaman Barat sekitar Rp1,1 triliun lebih, sebutnya.**(pdp)

 

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


 

Iklan Bawah Artikel