Pemkab Pasbar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Pemkab Pasbar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

 

Pemkab Pasbar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H
Bupati Pasaman Barat Hamsuardi Menyampaikan Sambutannya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aur, Kecamatan Pasaman, Selasa (21/10/21) (Fhoto : Pandapotan)

PASAMAN BARAT, Infokepri.com Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aur, Kecamatan Pasaman, Selasa (21/10/21). 

Kegiatan dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN di lingkungan Pemkab Pasbar serta tokoh agama.

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menyampaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan sesuatu peringatan yang luar biasa, karena diperingati setiap tahunnya. Hal ini menggambarkan akan rasa cinta umat muslim kepada Rasulullah.

Ini luar biasa. Biasanya orang merayakan atau memperingati hari lahir saat masih hidup, namun Maulid Nabi Muhammad SAW di peringati ketika Nabi sudah wafat,” ungkap Hamsuardi. 

Bupati menjelaskan peringatan Maulid Nabi pada hakikatnya adalah bagaimana umat muslim meneladani dan mengamalkan segala yang diajarkan, baik pikiran, ucapan dan tindakan Rasulallah. 

Kita patut meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana seperti Nabi. Ini adalah gambaran perilaku yang diwarnai oleh akhlakul Hassanah, Akhlak karimah, dan Akhlak adzimah yang mampu menyebarkan rahmatan lil alamin, serta rahmat bagi semesta alam,"ujarnya.

Jadi jika ingin mencari contoh kehidupan dan pribadi yang baik sebagai uswatun hasanah, kata dia, dapat mencontoh Nabi Muhammad SAW. "Beliau diibaratkan seperti air yang tidak habis diminum, dan cahaya yang tak pernah padam,"imbuhnya.

Untuk itu, akhlak Nabi Muhammad SAW hendaknya menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menjadi insan terpuji, kreatif dan inovatif dalam membangun tatanan kehidupan yang harmonis sesuai perintah Allah SWT,”ucap Bupati Hamsuardi.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut jamaah diberikan tausyiah oleh Ustadz Amri. Ia mengajak untuk meningkatkan ibadah. 

Menurutnya Ibadah tidak hanya berkaitan dengan kegiatan agama, namun terdiri dari beberapa segi, bisa lewat aktivitas sehari-hari, seperti ASN menjalankan tugasnya juga bernilai ibadah. 

Selain itu, Ustadz Amri juga menjelaskan Lima kewajiban umat islam kepada Rasulullah yaitu, menaati nabi dan Rasul, mencintainya, meyakini, dan menerima ketentuannya dengan senang hati, dan berperilaku sopan.****(pdp)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel