Posyandu Pepaya 1B Kecamatan Kinali Wakili Pasbar Dalam Penilaian Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi - Info Kepri

Info Kepri

Info Kepri

Search This Blog

Popular Posts

Technology


Posyandu Pepaya 1B Kecamatan Kinali Wakili Pasbar Dalam Penilaian Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi

Posyandu Pepaya 1B Kecamatan Kinali Wakili Pasbar Dalam Penilaian Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi
Share it:

Posyandu Pepaya 1B Kecamatan Kinali Wakili Pasbar Dalam Penilaian Lomba Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto (Fhoto : Pandapotan)



PASAMAN BARAT, Infokepri.com - Posyandu Pepaya 1B Kecamatan Kinali, mewakili Kabupaten Pasaman Barat dalam penilaian lomba Posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021. Penilaian dilakukan oleh tim penilai dari Provinsi, yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, bersama Ketua TP.PKK Ny. Titi Hamsuardi dan Wakil Ketua Ny. Fitri Risnawanto, Selasa (19/10) di Basecamp, Jorong VI Koto Selatan, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali.

Wakil Bupati Risnawanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim penilai lomba posyandu dari Provinsi Sumatera Barat dan nagari Kinali yang telah mempersiapkan penilaian lomba posyandu berprestasi. Terkhusus bagi kader posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB), PAUD, bersama dengan pemerintah nagari, kecamatan dan kabupaten sehingga Posyandu 1B layak untuk dilakukan penilaian lapangan oleh tim provinsi.

“ Kami atas nama Pemda mengucapkan terimakasih kepada tim penilai dari Provinsi Sumbar. Terimakasih juga kepada masyarakat kenagarian kinali. Mudah- mudahan cerminan masyarakat kinali dalam menyambut posyandu berprestasi, insyaallah membawa Posyandu Pepaya 1B Nagari Kinali memperoleh kemenangan, “ ujar Risnawanto.

Wabub mengatakan bahwa Posyandu merupakan salah satu bentuk Usaha Kesehatan Bersumber Daya (UKBD) yang dikelola dan diselenggarakan dari, untuk dan bersama masyarakat, guna memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Dalam bekerja, tentunya dibutuhkan inovasi  inovasi terbaru dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat. Sehingga Kabupaten Pasaman Barat ke depannya menjadi kabupaten yang berjaya, tegas Risnawanto.

Sementara itu, Tim Penilai Lomba Anasrul, S.H juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada wali nagari dan masyarakat Kinali yang mendukung penuh Posyandu pepaya IB dengan kadernya Gustina Warti yang telah berhasil masuk dalam nominasi enam terbaik mewakili Kabupaten Pasaman Barat pada tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Terimakasih kepada semua pihak yang membantu mempersiapkan lomba. Penilaian ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan.
Melihat langsung aktivitas kader dalam pelaksanaan posyandu, manfaat pelaksanaan posyandu, melihat dukungan dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan posyandu, menetapkan kader posyandu terbaik Kabupaten Pasaman Barat"ucap Anasrul.

Posyandu terbaik, kata dia, nantinya akan ikut studi kooperatif yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Tata tertib dalam penilaian lomba dibagi ke dalam 4 kelompok yaitu bidang pemberdayaan masyarakat, bidang kesehatan, bidang PKK, dan bidang Bina Keluarga Balita (BKB).

Selain itu, Ketua TP. PKK Nagari Kinali Nana Muslim dalam penyampaian ekspose mengatakan, saat ini Nagari Kinali memiliki 71 Posyandu. Selain berfungsi sebagai tempat atau wadah pemberdayaan masyarakat, Posyandu juga sebagai wadah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar terutama yang berkaitan dengan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Angka Kematian Balita (AKaBa).

Saat ini, lanjut Nana, Posyandu di Nagari Kinali bertransformasi menjadi unit layanan paling mendasar dalam memberdayakan masyarakat. Pelaksanaan posyandu yang 5 langkah, sekarang sudah menjadi 7 langkah yakni pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan, pelayanan, usaha pemingkatan pendapatan keluarga (UP2K) dan pemanfaatan lahan pekarangan.

Untuk itu, Posyandu yang ada di Nagari Kinali di upayakan terintegrasi dengan BKB dan Paud, menghadirkan sasaran ibu hamil dan bayi balita, sasaran para orang tua serta menghadirkan anak didik paud,"kata Nana.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Posyandu Pepaya 1B Nagari Kinali memiliki 5 orang kader posyandu, 5 orang BKB, 4 orang guru PAUD, 1 orang bidan desa dengan sasaran ibu hamil 18 orang, PUS 251, bayi 60, balita 94, sasaran BKB 154 dan murid PAUD sebanyak 22 orang. Oleh karena itu, Posyandu Pepaya 1B selalu memberikan inovasi agar lebih diterima ditengah masyarakat.

"Inovasi tersebut diantaranya, himbauan medsos facebook dan wa group, Ojek balita, Pemberian balon untuk anak balita, Limbaku (lingkari Nama balita yang berat badan kurang), Kebun gizi kader, Gerakan ayah siaga, Doorprize dan pemberian hadiah akhir tahun, Siasix (Asi anak 6 bulan), Senam ceria posyandu dan Mou (donatur), sebutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten 1 Setia Bakti, Asisten 3 Raf'an, Kepala OPD, Camat Kinali Bakarrudin, Wali Nagari Muslim, PKK Kecamatan, PKK Nagari, PKK Nagari, tokoh masyarakat, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan stakeholder terkait lainnya.**(pdp)


Share it:

Pasaman

Post A Comment: