Bersama Binda Kepri, BKKBN Gelar Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bersama Binda Kepri, BKKBN Gelar Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui

Bersama Binda Kepri, BKKBN Gelar Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui
Suasana Kegiatan

BATAM, Infokepri.com - Badan Intelijen Negara Daerah Kepulauan Riau (Binda Kepri) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kepri, menggelar vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui.

Pelaksanaan vaksinasi digelar serentak di dua lokasi berbeda, yakni di RS Bunda Halimah dan RS Jasmine Kota Batam. Total sasaran yang mengikuti vaksinasi ditargetkan mencapai 700 orang.

Adapun vaksin yang disediakan khusus ibu hamil dan menyusui adalah jenis Sinovac, sebagai salah satu jenis vaksin selain Pfizer dan Moderna yang direkomendasikan pemerintah melalui Surat Edaran Kemenkes RI No. HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.
Suasana Kegiatan
Di lokasi kegiatan, Kepala BKKBN RI, Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui merupakan program yang digagas BKKBN RI untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan herd immunity di tengah pandemi Covid-19.

Ibu hamil dan menyusui termasuk kelompok yang sangat beresiko jika terpapar Covid-19 sehingga untuk melindungi kelompok tersebut, Kementerian Kesehatan telah mengizinkan pemberian vaksin, tetapi harus dilakukan dengan proses skrining yang rinci dan teliti.

"Hal ini sungguh luar biasa, karena kerjasama dapat berjalan baik hingga ke tingkat daerah, yang saat ini perdana dilaksanakan di Kota Batam," terangnya, di RS Bunda Halimah, Batam Kota - Batam, (2/11).
Suasana Kegiatan
Berikutnya, Direktur – 23 dari Kedeputian – II BIN, Brigjen TNI Rudi Supriyanto, M.Tr. (Han) menyampaikan bahwa BIN terus berkomitmen mendukung program vaksinasi, baik yang digelar secara langsung maupun Door to Door, dengan target sasaran pelajar dan masyarakat umum serta ibu hamil dan menyusui karena termasuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

"Pelaksanaan vaksinasi kali ini juga sebenarnya terbuka untuk keluarga yang belum divaksin. Namun, dengan keterbatasan stok vaksin yang ada, maka selain ibu hamil dan menyusui disediakan vaksin jenis Astrazeneca," jelasnya.

Lebih lanjut, secara khusus, pelaksanaan vaksinasi di wilayah perbatasan Provinsi Kepri, yang dilakukan Binda Kepri pada periode Juli sampai dengan Oktober 2021, telah mencapai 32.274 dosis.

Jumlah tersebut akan terus bertambah karena pelaksanaan vaksinasi akan terus dilanjutkan sesuai dengan target pemerintah untuk mewujudkan herd immunity dalam menekan penyebaran Covid-19.

"Kami sangat mengapresiasi kerjasama seluruh stakeholder untuk menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah perbatasan Provinsi Kepri," tutup Jenderal TNI.

Sejalan dengan pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan Binda Kepri bekerjasama dengan BKKBN RI, juga akan dilaksanakan pencanangan program Keluarga Bebas Stunting, dan juga melakukan pembagian paket Sembako khusus bagi keluarga stunting di Kota Batam. (AP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel