Bupati Asahan Menghadiri Orientasi Unsur Mabi dan Mabiran Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Asahan Menghadiri Orientasi Unsur Mabi dan Mabiran Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan

 

Bupati Asahan Menghadiri Orientasi Unsur Mabi dan Mabiran Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan
Bupati Asahan H. Surya, BSc Menyampaikan Materinya Saat Menghadiri Orientasi Unsur Mabi dan Mabiran Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (07/12/2021)   
 

ASAHAN, Infokepri.com – Bupati Asahan H. Surya, BSc yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Asahan menghadiri Orientasi Unsur Majelis Pembimbing (Mabi) dan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Asahan pada Selasa (07/12/2021)  di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan materinya tentang fungsi Mabi dalam memberi bimbingan dan bantuan konsultasi kepada kwartir yang bersangkutan agar dapat memecahkan masalah-masalah moral, mental, dan psikologis.

Selanjutnya memecahkan masalah-masalah organisatoris, termasuk meningkatkan jumlah dan mutu anggota Gerakan Pramuka, Memecahkan masalah-masalah material, termasuk usaha memperoleh fasilitas, dana dan sarana serta menjalankan segenap usaha yang berkaitan dengan masalah-masalah finansial, terutama usaha untuk mengumpulkan dana, agar dapat memperoleh subsidi dan pemberian lain dari masyarakat yang tidak bertentangan dengan AD/ART Gerakan Pramuka

Dan yang terakhir menyampaikan aspirasi masyarakat untuk pengembangan pendidikan Gerakan Pramuka.

Bupati Asahan juga meminta kepada para Camat se-Kabupaten Asahan untuk turun bergerak dalam membina gerakan pramuka di wilayahnya dan ini akan menjadi salah satu point buat saya dalam mengevaluasi para Camat.

Sementara Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara H. Nurdin Lubis, SH, MM menyampaikan tentang tujuan Gerakan Pramuka adalah untuk membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmanindan rohani serta menjadikan warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi masyarkat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama makhluk hidup dan lingkungan hidup.

Selain itu Nurdin juga menyampaikan tujuan pendidikan kepramukaan adalah untuk proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan yang mencakup keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, kecintaan kepada alam semesta dan manusia, kecintaan kepada tanah air dan bangsa, kedisiplanan, keberanian dan kesetiaan, tolong menolong, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, jernih dalam berpikir, berkata dan berbuat, hemat, cermat dan bersahaja, rajin, terampil dan gembira, patuh dan suka bermusyawarah.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara, Bupati Asahan (Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Asahan), Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan, Camat (Ketua Mabiran) dan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan. (Ti)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel