Pemkab Pasbar Awali Pembukaan Jalan Sabajulu Perbatasan Sumut - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Pemkab Pasbar Awali Pembukaan Jalan Sabajulu Perbatasan Sumut

Pemkab Pasbar Awali Pembukaan Jalan Sabajulu Perbatasan Sumut

Pemkab Pasbar Awali Pembukaan Jalan Sabajulu Perbatasan Sumut
 Pembangunan Jalan Lintas Utara Sabajulu Batas Sumut (3/12/2021) (Fhoto : Pandapotan)


PASAMAN BARAT, Infokepri.com - Sejak lama masyarakat Sabajulu (Sawah Mudik) dan Sigantang Nagari Batahan Utara Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat mendambakan jalan tembus Madina Sumatera Utara. Kini pembukaan jalan mulai dilaksanakan oleh Pemkab Pasbar melalui Dinas PUPR, walau dengan anggaran yang masih relaif kecil sesuai kondisi saat ini.

Pembangunan jalan lintas utara Sabajulu Batas Sumut tersebut, tahun 2021 ini dimulai dengan alokasi anggaran Rp.99.703.683. Diharapkan tahun depan dapat ditingkatkan anggarannya untuk kelanjutan pembangunan jalur utara Pasbar-Madina tersebut.

Anggaran yang minim tersebut, setidaknya bisa membuka jalan sepanjang 183 meter dengan lebar 12 meter. Ukuran ini merupakan standar terendah untuk kategori jalan provinsi nantinya.

Wilda Nasution salah seorang ASN di Pemkab Pasbar putra asal Sabajulu saat dikonfirmasi melalui ntelepon selulernya, Jumat (3/12/2021) mengatakan adapun titik nol pekerjaan dimulai dari ujung jalan yang sudah dibuka sebelumnya di Jorong Sigantang menuju ke arah perbatasan.

“ Besar kecilnya anggaran pembangunan, tentu tergantung kemampuan daerah untuk menganggarkannya,” kata Wildan Nasution.

Ia menyebut walau anggaran kecil, namun mesti disyukuri. Mudah-mudahan ke depan akan ditingkatkan.

Sebab lanjut Wildan, walau kecil dan tidak akan siap secepatnya untuk capai target, tapi hendaknya dihargai dan diapresiasi perhatian Pemda Pasbar terhadap Kampung  Sabajulu Sigantang tersebut.

Yang terpenting jelas Wildan, perlu dikawal secara bersama-sama agar pelaksanaannya berjalan sesuai perencanaan. Maka disini perlu peran pemerintahan terkecil Walinagari dan Jorong setempat serta  masyarakat. Jika ada permasalahan di lapangan menurutnya agar dibicarakan dan dicarikan solusina bersama pihak pelaksana atau instansi terkait.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Pasaman Barat, Darmawan, ST yang dikonfirmasi, Kamis siang (2/12/2021) mengatakan, pembukaan Jalan Sabajulu- Batas Sumut memang dimulai sesuai program strategis Pemkab Pasbar,walau dengan anggaran yang masih relatif kecil.
 
“ Kita upayakan membukanya dulu. Sebab, dari ujung Sabajulu- Sigantang ke perbatasan masih belum dibuka. Nanti peningkatannya hingga pengaspalan kita akan ajukan ke provinsi, biasanya seperti itu, “ jelas Darmawan.
 
Ia juga menyampaikan bahwa tahun ini walau anggarannya kecil karena recofusing anggaran, sudah mulai dibuka penerobosan sepanjang 183 meter dengan lebar 12 meter, dengan anggaran sekitar Rp.100 juta.

“ Begitu baru kemampuan kita, ini sudah merupakan program strategis daerah yang akan kita kembangkan ke depan, “ sebutnya.

Lokasi kegiatan, katanya, meneruskan ujung jalan yang sudah pernah dibuka sebelumnya di Jorong Sigantang. Dan ia juga meluruskan bahwa lokasi itu berada di Kecamatan Ranah Batahan bukan Kecamatan Koto Balingka. Maka kesalahan penulisan pada plang proyek akan diperbaiki kembali.

Ditambahkannya, karena selain jalur itu lebih dekat, juga akan berdampak positif untuk peningkatan perekonomian rakyat dan kemajuan daerah baik Pasbar Sumbar maupun Madina Sumut. *(pdp)



Iklan Atas Artikel


 


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


 

Iklan Bawah Artikel