Proyek PLTA Asahan III Ditargetkan Selesai Tahun 2024 - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Proyek PLTA Asahan III Ditargetkan Selesai Tahun 2024

Proyek PLTA  Asahan III Ditargetkan Selesai Tahun 2024
Bupati Asahan H Surya Bsc (Tengah) Bersama Forkopimda Asahan Saat Meninjau Proyek Pembangkit Listrik Asahan III di Desa Meranti Utara, Kecamatan Aek Songsongan, Senin (27/12/2021) (Fhoto : Ist)



ASAHAN, Infokepri.com
– Proyek Pembangkit Listrik Asahan III di Desa Meranti Utara, Kecamatan Aek Songsongan saat ini sudah memasuki tahun ke dua dan sesuai Progres harus selesai pada tahun 2024.

“ Proyek Strategis Nasional yang ada di Desa Meranti utara ini sampai sekarang berjalan sesuai rencana dan alhamdulillah tidak mangalami hambatan yang berarti semoga tahun 2024 proyek ini bisa diresmikan,” kata Manager unit Pelaksana Proyek Pembangunan Pembangkit 6 PLTA  Asahan III Agil Dermawan kepada  Bupati Asahan saat meninjau proyek tersebut pada Senin (27/12/2021).

Dalam meninjau proyek tersebut, Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Danlanal TB/AS, Sekdakab Asahan, Para Asisten serta OPD terkait dan Camat Aek Songsongan.

Lebih lanjut  Agil Dermawan menyampaikan bahwa PLTA Asahan III yang dibangun direncanakan berkapasitas 174 MW dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang nantinya akan dapat meningkatkan reserve Margin di Sumatera Utara menjadi 4,58 % sehingga akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sumatera Utara.

Ia menyebut jika beroperasinya  PLTA Asahan III akan dapat menurunkan biaya produksi Listrik PLN di Sumatera Utara sebesar Rp. 72/kWh dari sebelumnya Rp. 1.593/kWh menjadi  Rp. 1.521/kWh.

“ Hal tersebut berpotensi meringankan beban PLN secara Korporat dalam biaya penyediaan Listrik dengan penghematan sebesar Rp. 1,9 trilyun per tahun,” tegas  Agil. 

Dikatakannya, PLTA Asahan III  yang dibangun terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba Samosir dengan menggunakan sistem "run-of-river" yaitu mengalirkan air dari sungai Asahan untuk dialirkan ke turbin air melalui terowongan yang sedang dibangun sepanjang 8 km.

“Listrik yang dihasilkan PLTA Asahan III ini nantinya akan disalurkan untuk memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Bagian Utara melalui Gardu Induk 275 kV Simangkuk serta meningkatkan bauran energi baru terbarukan sebesar 3,3 persen,” pungkas Agil. (Ti)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel