Dikembangkan untuk Infrastruktur Data Centre, KEK Nongsa Batam Dapat Tiga Investor Sebesar Rp 13,6 Triliun,- - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Dikembangkan untuk Infrastruktur Data Centre, KEK Nongsa Batam Dapat Tiga Investor Sebesar Rp 13,6 Triliun,-

 

Nongsa Digital Park (Fhoto : Ist)

JAKARTA,  Infokepri.com – Tiga investor telah berminat berinvestasi di  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park, Batam, Kepri dengan nilai investasi sekitar US$ 950 juta atau sekitar Rp 13,6 triliun,-

Plt Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Elen Setiadi mengatakan salah satu pembicaraan yang dibahas dalam Leaders’ Retreat antara Presiden Joko Widodo dengan PM Singapura Lee Hsien Loong di Kepulauan Riau adalah pengembangan ekonomi digital. Seperti diketahui, KEK Nongsa akan dikembangkan untuk infrastruktur data center.

“Termasuk juga kemarin bagian yang dibicarakan dari pertemuan Leaders Retreat Presiden dengan PM Singapura kemarin kan itu ada untuk pengembangan ekonomi digital, maka di situ ada juga KEK Nongsa. KEK Nongsa kan kita kembangkan untuk infrastruktur data center. Dan infrastruktur data center mereka sekitar ya sudah komitmen ada 3 investor sekitar US$ 950 juta atau sekitar Rp13,6 triliun,- ,” kata Elen dilansir kontan.co.id, Jumat (28/1/2022)

Elen menambahkan sejumlah investor agak telat dalam merealisasikan investasi karena sebelumnya sempat ada pembatasan karena pandemi Covid-19. Sebab, biasanya investor akan melakukan kunjungan langsung ke lapangan. 

Ia mengharapkan dengan travel bubble Singapura – Batam Bintan ini para investor itu bisa datang.

Selain itu, investor juga memastikan bertemu dengan pengelola dan bertemu dengan Dewan Nasional KEK. Elen menyebut, investor biasanya membuat legal due diligence terkait administrasi.

 “Konsultan hukum kadang nggak update tentang fasilitas, mengenai pengelolaan dan sebagainya. Jadi seringkali misreport terhadap calon investor,” ucap Elen.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mendapatkan komitmen investasi senilai US$ 9,2 miliar setelah melakukan pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong. 

Dalam pertemuan tersebut diantaranya membahas mengenai penguatan kerja sama bilateral bidang ekonomi. Sebagai informasi, KEK Nongsa berada di kota Batam provinsi Kepulauan Riau dan diresmikan dengan Peraturan Pemerintah nomor 68 tahun 2021. 

KEK Nongsa Digital Park diharapkan menjadi entry point untuk perusahaan IT internasional , ditetapkan menjadi IT Hub Digital Bridge Indonesia ke Singapura dan Manca Negara. Menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp 20 triliun - Rp 30 triliun per tahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan Internasional. (rdk)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel