DPRD Pasaman Barat Bersama Wartawan, Jalin Kemitraan - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
DPRD Pasaman Barat Bersama Wartawan, Jalin Kemitraan

DPRD Pasaman Barat Bersama Wartawan, Jalin Kemitraan

 

DPRD Pasaman Barat Bersama Wartawan, Jalin Kemitraan
Ketua DPRD Pasaman Barat, H. Erianto  menggelar silaturahmi dengan sejumlah wartawan di ruang Bamus DPRD, Padangtujuh, Simpang Empat, Senin (24/1/2022) (Fhoto : Ist) 

PASAMAN BARAT, Infokepri.com - Wartawan merupakan filar keempat menjalankan tugasnya sebagai institusi penganyom, pendidik, dan hiburan. Selain corong pemerintah ketika akan menyampaikan informasi kepada masyarakat, dan sebagai penyalur aspirasi dari publik kepada pemerintah.

Wartawan yang eksis serta beraktivitas di media cetak, online dan televisi, juga tampil sebagai kontrol sosial terhadap lembaga pemerintahan, ketika bertugas sebagai aparatur pemerintah, dan kepada pejabat negara. Dalam tatanan berbangsa dan bernegara, pelaksana pemerintahan, seperti di Pasaman Barat berupa lembaga eksekutif, dan legislatif.

Lembaga eksekutif, merupakan pihak yang menjalankan roda pemerintahan, melaksanakan pembagunan dengan mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah pemerintah. Sementara, institusi yang bertugas sebagai pengawas pemerintah, legislasi, dan bajeting di setiap tingkatan, mulai tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota adalah legislatif.

Seiring hal itu, hari Senin, 24 Januari 2022, pihak DPRD Pasaman Barat rajut kembali kemitraan bersama wartawan yang bertugas di daerah ini. Pertemuan perdana di masa jabatan Ketua PAW (Pengganti Antar Waktu) dewan setempat, Erianto digelar di ruang Badan Musyawarah (Bamus) DPRD, Padangtujuh, Simpang Empat.

Selain Erianto, yang memimpin jalannya diskusi, ajang kemitraan antara DPRD setempat dengan wartawan se Pasaman Barat, juga diikuti Wakil Ketua Endra Yama Putra, Ketua Komisi III Bidang Pembangunan, Baharuddin R, bersama unsur anggota dewan, seperti Erefriwan, Syafridal, dan dua orang lainnya.

Dari diskusi dua institusi itu dapat disimpulkan, bahwa kemitraan antara DPRD Pasaman Barat dengan wartawan di daerahnya, bukan saja dalam bentuk publikasi kegiatan kedewanan secara keseluruhan. Dari pertemuan itu, juga dapat menjadi catatan bagi pihak dewan, akan ditindak-lanjuti.

Beberapa catatan dimaksud adalah, Untuk jajaran DPRD, mengaktifkan peran dan fungsi Humas DPRD sebagai mitra kerja dan berhubungan langsung dengan wartawan, akan memasukkan dalam agenda dewan, agar wartawan diikutsertakan pada setiap kunjungan kerja, studi banding atau dalam bentuk lain ke luar daerah.

Melaksanakan pertemuan ulang anara DPRD Pasaman Barat dengan wartawan, secara lebih luas, yang akan dilaksanakan pada waktu dan tempat ditentukan kemudian. Sehingga hubungan kemitraan DPRD dengan wartawan, tidak sebatas publikasi atau pemberitaan setiap kegiatan kelembagaan, apakah dillaksanakan unsur pimpinan, ketua komisi, dan tim Bamus atau panitia khusus (Pansus).

Bagi wartawan, pada silaturrahmi antara DPRD Pasaman Barat dengan insan pers disimpulkan, bahwa peran atau kerja wartawan di lembaga dewan, bukan saja meliput kegiatan yang telah atau akan dilaksanakan pada acara resmi, seperti sidang paripurna, sesuai materi dan jadwal yang ditentukan.

Wartawan juga mempubliksikan kegiatan dewan lain, apakah dilaksanakan jajaran komisi, fraksi atau institusi lain yang ada dan dilasanakan secara kelembagaan di jajaran DPRD Pasaman Barat. Ke depan, unsur pimpinan dewan bersama wartawan, akan melaksanakan peran secara bersama, sebagai pilar pembangunan berbangsa dan bernegara di daerah ini.*(pdp)


Iklan Atas Artikel


 


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


 

Iklan Bawah Artikel