Vaksinasi Booster Perdana di Kepri, Target 15 Ribu Orang - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Vaksinasi Booster Perdana di Kepri, Target 15 Ribu Orang

Vaksinasi Booster Perdana di Kepri, Target 15 Ribu Orang
Gubernur Kepri (Kanan)

BATAM, Infokepri.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) segera menggelar vaksinasi Covid-19 ke-3 atau dosis booster perdana. Dan pada pelaksanaan akan dihadiri langsung Menteri Dalam Negeri RI.

"Untuk Kepri kita akan launching perdana di Kota Batam, tepatnya di Vihara Duta Meitraya - Batam Centre, hari Kamis (13/1), pada pukul 13.30 WIB," katanya.

Hal tersebut, disampaikan Gubernur Kepri, H.Ansar Ahmad dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster di Kepri,  melalui Vicon di Graha Kepri Batam, Batam Centre, Batam Kota, Batam - Kepri. Rabu, (12/01/2022)

Lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi perdana dosis ke-3, akan diprioritaskan untuk para Lansia, usia 18 tahun, dan yang sudah mendapatkan 2 kali vaksin secara lengkap (durasi suntikan terakhir, sudah berjalan 6 bulan). 

"Kita targetkan  vaksinasi perdana di Kepri sebanyak  15 ribu orang," jelasnya.

Adapun untuk kabupaten/kota se-Kepri, dihari yang sama akan dimulai pada pukul 08.00 WIB, di masing-masing titik  pusat pelayanan vaksinasi.

Pada kesempatan tersebut, seluruh perwakilan peserta vicon menyampaikan kesiapan pelaksanaan vaksinasi perdana di masing masing wilayahnya, mulai dari:

Kota Tanjung Pinang, menargetkan 2500 orang,
Kota Batam, menargetkan 4500 ribu orang,
Kabupaten Anambas, menargetkan 250 orang, 
Kabupaten Natuna, menargetkan 350 orang,
Kabupaten Karimun, menargetkan 2500 orang,
Kabupaten Bintan, menargetkan 1500 orang,
Kabupaten Lingga, menargetkan 300 orang.

Vaksinasi booster, guna meningkatkan kekebalan antibodi imun tubuh. Dan juga dipastikan relatif lebih aman. Dimana resiko adanya keluhan pasca dilakukan suntikan vaksinasi, seperti Kejadian Ikutan Pasca Imuninasi (KIPI) potensinya sangat kecil sekali. Teknis penyuntikan vaksin ke tiga nanti, hanya akan diberikan setengah dari dosis yang diberikan yakni 0,25 persen. Bukan dengan dosis penuh 0,50 persen. Penyuntikan vaksinasi, sesuai kebijakan Kemenkes RI, yang mana untuk vaksin primer sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis pfizer atau Astrazeneca. 

Sambung, Gubernur Kepri menyampaikan bahwa untuk mereka yang telah menerima vaksin primer pertama astrazeneca, atau vaksin dosis pertama dan kedua Astrazeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis yakni moderna. Dan juga memastikan ketersedian vaksin di Kepri, dan seluruh kabupaten/kota dipastikan cukup dan tersedia. 

"Kita juga terus berkoordinasi dengan pusat, untuk terus mendatangkan stok vaksin agar ketersediaanya aman dan memadai," tutupnya.

Pada pertemuan dihadiri oleh, Pj Sekdaprov Kepri Lamidi, Staf Khusus Safarudin Aluan, Wakil Ketua Harian  Satgas Covid 19 Kepri Tjejep Yudiana, Kadiskes M Bisri, Ka BP2RD Reni Yusneli, Ka Biro Umum Abdullah, dan peserta lainnya. (rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel