Bangkitkan Ekonomi serta Memiliki Basis Ekspor, Gubernur Kepri MoU dengan Rektor Universitas - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Bangkitkan Ekonomi serta Memiliki Basis Ekspor, Gubernur Kepri MoU dengan Rektor Universitas

Bangkitkan Ekonomi serta Memiliki Basis Ekspor, Gubernur Kepri MoU dengan Rektor Universitas

Bangkitkan Ekonomi serta Memiliki Basis Ekspor, Gubernur Kepri MoU dengan Rektor Universitas
Penandatanganan MoU

KEPRI, Infokepri.com - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menandatangani MoU/kerjasama tentang kolaborasi dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Nantinya kita akan berkolaborasi tidak hanya dengan IPB, namun juga dengan seluruh universitas di Kepri, dengan menggandeng para rektor, juga dengan OPD, perangkat di desa, para petani, dan stake holder yang lain," terangnya. 

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada Pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPD HA IPB) Kepri Masa Bakti 2021-2025, di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjung Pinang - Kepri, (12/2).

Lanjutnya, Provinsi Kepri, yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I berbatasan dengan lima negara tetangga sekaligus. Oleh karena itu secara geografis, posisi Kepulauan Riau sangat strategis. 

Dengan kolaborasi yang akan dilaksanakan, diharapkan desa-desa di Kepri memiliki kekuatan ekonomi serta memiliki basis ekspor. "Tinggal bagaimana kita bersama-sama bekerja dan berfikir keras, untuk itu diperlukan inovasi-inovasi seperti yang telah disampaikan dalam keynote speech dari Rektor IPB dan Rektor UMRAH tadi," tutup Gubernur Kepri.

Berikutnya, Rektor IPB, Arif Satria memaparkan 3 Disrupsi di era saat ini, yaitu perubahan iklim, revolusi industri 4.0, dan pandemi Covid-19. 

"Ketiga disrupsi tersebut melahirkan model ekonomi masing-masing Green/Blue Economy, Sharing/Digital Economy, dan terakhir New Normal Economy," terangnya. 

Lanjutnya, memaparkan inovasi-inovasi sosial yang digagas IPB antara lain Data Desa Presisi, Sekolah Peternakan Rakyat, Tani Centre, Agribusiness and Technology Park IPB, One Village One CEO, One Village One Innovation, dan Sekolah Pemerintahan Desa.

Selanjutnya, Rektor Umrah, Agung Damar Syakti menyampaikan pidato dengan tema "Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan One Village One CEO di Provinsi Kepulauan Riau". 

Pada acara dihadiri oleh Dirut Bank Riau Kepri, Presdir PT. Transamudra Indonesia, Kepala Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan Fakultas Manajemen IPB, Pj. Sekdaprov Kepri, Sekjen DPP HA IPB, Stafsus Gubernur, dan Kadiskominfo Kepri, serta undangan mahasiswa dari universitas se Kepri yang hadir langsung, maupun daring. (rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel