Pemkab Asahan Ikuti Rakor Penanggulangan Covid-19, Ini Pesan Tegas Gubernur Sumut - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Pemkab Asahan Ikuti Rakor Penanggulangan Covid-19, Ini Pesan Tegas Gubernur Sumut

Pemkab Asahan Ikuti Rakor Penanggulangan Covid-19, Ini Pesan Tegas Gubernur Sumut

Pemkab Asahan Ikuti Rakor Penanggulangan Covid-19, Ini Pesan Tegas Gubernur Sumut
Suasana Rakor

ASAHAN, Infokepri.com - Pemerintah Kabupaten Asahan mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Covid-19, yang digelar secara daring, dan diikuti seluruh gugus tugas Kabupaten dan Kota se-provinsi Sumatera Utara (Sumut), di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Asahan - Sumut. Senin, (14/02/2022)

Pada rapat dipimpin langsung oleh Gubernur Sumut, didampingi Kapolda Sumut, Pangdam I Bukit Barisan, Kepala Lantamal Belawan, dan Kajatisu, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut.

Mengawali sambutannya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berpesan agar seluruh elemen lapisan masyarakat dan pemerintah daerah memberikan dukungan upaya 3T yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracking), dan perawatan (treatment), serta melakukan isolasi terpusat. Diharapkan TNI-Polri mendampingi dan mendukung kegiatan tersebut.

Berikutnya, beberapa penekanan antara lain, menekan angka penyebaran varian baru Omicron, maka akan diberlakukan PPKM. Untuk itu, agar tetap melaksanakan Prokes disiplin 3M (Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun dengan rutin), dan melaksanakan vaksinasi.

Aktifkan kembali Satgas Covid-19 hingga kedesa-desa. "Seluruh Satgas di setiap daerah harus benar-benar melakukan tugasnya, mengawasi dan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Apalagi sekarang meningkatnya varian virus baru yaitu Omicron," tegasnya.

Suasana Rakor
Dari data yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, per 13 Februari 2022, kasus covid-19 yang terkonfirmasi untuk seluruh daerah Sumatera Utara bertambah sekitar 825 kasus. Bahkan dari hasil pengecekan laboratorium, dari pertambahan kasus tersebut ada ditemukan yang terpapar Omicron.

Kasus Covid beberapa pekan ini sering tidak stabil, lanjut Gubernur Sumut mengatakan kadang terjadi penurunan, namun akhir-akhir ini kasus Covid-19 di Sumatera Utara juga cenderung hampir naik 2 kali lipat. Pihaknya juga meminta kreativitas setiap unsur pemerintah daerah dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

"Saya berharap semoga terjadi penurunan kasus Covid-19 di Sumut. Untuk itu disiplin Prokes, gunakan masker, lakukan vaksinasi terkhusus Lansia dan anak-anak, dan untuk pembelajaran tatap muka di sekolah mungkin akan di evaluasi jika tetap terjadi peningkatan kasus," tegasnya lagi.

Berikutnya, terkait agenda Rakor tersebut, Bupati Asahan diWakili Asisten Ekonomi Pembangunan, Drs. Muhilli Lubis menyampaikan bahwa agar operasi Yustisi lebih ditingkatkan di tempat-tempat yang rawan kerumunan masyarakat di Asahan, dan sebaiknya dilakukan tiga kali sehari yakni Pagi, Siang, Malam, untuk memperketat dan mengawasi pola penyebaran virus Covid-19.

Pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Asahan, utamanya kepada kelompok usia rentan juga akan terus di masifkan agar tingkat capaian Vaksinasi di kabupaten Asahan dapat dicapai sesuai dengan harapan.

"Vaksinasi ini bermanfaat untuk meningkatkan herd immunity tubuh dari serangan wabah virus covid-19 apalagi saat ini sedang marak Varian baru yaitu Omicron yang tingkat penularannya jauh lebih cepat," tutupnya. (rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

>

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel