Pemko Batam Apresiasi Kinerja Polresta Barelang Mengamankan 22,249 Kilogram Sabu - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Pemko Batam Apresiasi Kinerja Polresta Barelang Mengamankan 22,249 Kilogram Sabu

Pemko Batam Apresiasi Kinerja Polresta Barelang Mengamankan 22,249 Kilogram Sabu

 

Pemko Batam Apresiasi Kinerja Polresta Barelang Mengamankan 22,249 Kilogram Sabu
Kapolresta Barelang, Kombes Nugroho Tri Nuryanto bersama Sekdako Batam, Jefridin Hamid (Tengah) Memusnahkan Narkotika Jenis Sabu di Mapolresta Barelang, Rabu (30/3/2022) (Fhoto : Ist)


BATAM, Infokepri.com
  - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefridin menghadiri pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 22,249 kilogram sabu yang diamankan Satuan Reserse (Satres) Narkotika Polresta Barelang dari 4 orang tersangka.
 
Pemusnahan barang haram itu, dipimpin langsung oleh Kapolresta Barelang, Kombes Nugroho Tri Nuryanto pada Rabu (30/3/2022) di Halaman Mapolresta Barelang.

Dalam kesempatan itu, jefridin Hamid mengatakan Pemko Batam  mengapresiasi keberhasilan Satres Narkotika Polresta Barelang dalam mengungkap kasus peredaran Narkoba tersebut.

“Saya mewakili Bapak Walikota Batam mengapresiasi keberhasilan jajaran Satres Narkoba Polresta Barelang, sehingga pada hari ini kita akan memusnahkan narkotika jenis Sabu seberat 22.249 kilogram. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini bisa menjadi pelajaran terutama bagi masyarakat betapa bahayanya narkoba ini," ungkapnya.

Dalam memerangi peredaran narkoba di Kota Batam, menurutnya Pemko Batam telah mengambil Langkah-langkah diantaranya berkolaborasi dengan semua pihak untuk memberikan informasi bila ditemukan indikasi peredaran narkoba. Selain itu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pelajar tentang bahaya narkoba. Katanya, dengan pemusnahan barang bukti sebanyak 22.249 kilogram itu, dapat menyelamatkan 22 ribu anak bangsa.

“Bapak Walikota sudah mengintruksikan agar dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang bahaya narkoba. Dan jika memang ditemukan ada indikasi peredaran narkoba di masyarakat, tentu kita akan melaporlan kepihak berwajib.  Untuk persoalan dari segi penegakan hukum, itu menjadi tugas polisi,” paparnya.

Kapolresta Barelang, Kombes Nugroho Tri Nuryanto, mengatakan, pemusnahan ini merupakan hasil dari penindakan pihaknya pada 15 Februari lalu di Perairan Pulau Buaya, Galang. Dalam kasus ini, pihaknya mengamankan 22,249 kilogram sabu dengan 4 orang tersangka.

Sebagai orang nomor satu di Poresta Barelang, ia mengapresiasi jajaran Satres Narkoba Polresta Barelang yang tergabung dalam Satgas Merah Putih Mabes Polri yang berhasil mengungkap peredaran Sabu di perairan Kota Batam.

“Kita berantas peredaran narkoba di wilayah Polda Kepri khususnya di Kota Batam. Sama-sama kita himbau kepada masyarakat sekiranya ada informasi di wilayahnya ada peredaran narkoba laporkan kepada kami dan akan kami tindaklanjuti. Tanpa dukungan dari masyarakat kami tidak bisa bekerja sendiri,” himbaunya.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt, mengatakan, pemusnahan tersebut merupakan amanat UU nomor 35 tahun 2009 pasal 91.  Menurutnya, jika melihat dari pengungkapan kasus narkoba yang dilakukan kondisinya sudah memprihatinkan dan membahayakan peredarannya di Kepulauan Kepri.

“Dimohon Kerjasama dari seluruh elemen masyarakat, stake holder terkait dalam memerangi narkoba di kota kita ini. Dari barang bukti yang disita ini petugas berhasil menyelamatkan kurang lebih 66 ribu sampai 88 ribu anak bangsa dari paparan atau penyalahgunaan narkoba,” sebutnya.

Sebelum melakukan pemusnahan terhadap barang bukti senilai Rp33 miliar itu, akan dilakukan pengujian terhadap barang bukti sabu yang akan dilakukan oleh tim dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Kegiatan ini dihadiri  oleh Kasat Narkoba Polresta Barelang, Kompol Lulik Febyantara, perwakilan MUI Batam, Kejari Batam, BNNK Batam, serta BPOM Batam. (Mc)


Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel