Presiden RI Satukan Tanah dan Air Kepri Dalam Bejana Nusantara - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Presiden RI Satukan Tanah dan Air Kepri Dalam Bejana Nusantara

Presiden RI Satukan Tanah dan Air Kepri Dalam Bejana Nusantara
Presiden RI dan Gubernur Kepri

KEPRI, Infokepri.com - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H.Ansar Ahmad menghadiri langsung dan membawa tanah dan air dari Kepri untuk disatukan dengan seluruh tanah dan air dari penjuru Indonesia dalam sebuah Bejana Nusantara.

Dipimpin Presiden RI, dan dihadiri 34 Gubernur dari penjuru Indonesia. Dan prosesi penyatuan tanah dan air, dilakukan di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur. Senin, (14/03/2022)

Usai melaksanakan kegiatan, Gubernur Kepri menyampaikan bahwa  air dan tanah yang dibawa memiliki nilai historis dan erat kaitannya dengen kearifan budaya lokal. Tanah yang diambil dari Daik-Lingga, dan air yang diambil dari sumur di Balai Adat, Pulau Penyengat.

"Kita yakin jika seluruh Gubernur dari setiap Provinsi juga membawa tanah dan air yang diambil dengan asal-muasal sumber yang bisa mewakili daerahnya. Dan melalui proses penyatuan ini, semoga saja seperti yang kita harapkan, bisa menyatukan Indonesia, berkah dan guyub," terangnya.

Suasana Kegiatan
Tanah ini, lanjutnya berada di lokasi Struktur Cagar Budaya Bekas Tapak Istana Damnah yang dibangun pada tahun 1860 semasa kesultanan Lingga – Riau Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II (1857-1883), serta dibantu oleh yang Dipertuan Muda Riau X Raja Muhammad Yusuf Al – Ahmadi beserta Pemaisurinya (isteri) Tengku Embung Fatimah.

Tanah yang dibawa diambil dari lokasi Balai Bertitah (Singgasana) tempat Balai Pemerintahan Sultan yang merupakan Balai Bagian Bekas Istana Sultan Lingga – Riau terakhir di Daik – Lingga Kabupaten Lingga Bunda Tanah Melayu. 

Sesuai sejarah, istana Damnah tahta pemerintahannya ketika itu diteruskan oleh Tengku Embung Fatimah (1883-1883) sebagai pemerintahan sementara, lalu dilantiklah dan dinobatkannya Anandanya Raja Abdul Rahman menjadi Sultan Lingga – Riau pada Tahun 1875 dengan gelar sultan Abdulrahman Muazzam Syah (1885-1991) yang merupakan Sultan Lingga – Riau terakhir. 

"Berdasarkan sejarah, sumber tanah yang kita bawa ini sangat erat kaitannya dengan sejarah dan nilai-nilai leluhur Melayu di Kepri," jelasnya.

Air yang dibawa dari sumur Balai Adat Pulau Penyengat Indera Sakti dikarenakan banyak yang mengatakan  bila seseorang ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau belumlah lengkap jika belum bertandang ke Pulau Penyengat serta minum atau sekedar cuci muka menggunakan air di Pulau tersebut. 

Saat ini, situs - situs bersejarah yang ada di pulau Penyengat sedang diusulkan kepada UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan dan Kebudayaan) untuk menjadi situs warisan dunia. 

"Air tawar itu hingga saat ini tetap bisa dinikmati oleh masyarakat setempat dan para wisatawan yang datang berkunjung. Ada beberapa sumur di Penyengat dan  salah satunya adalah yang berada di bawah gedung Balai Adat Pulau Penyengat yang berfungsi sebagai tempat untuk menyambut tamu atau mengadakan perjamuan bagi orang - orang penting," pungkas Gubernur Kepri.

Sumur yang memiliki kedalaman sekitar 2,5 meter. Meski demikian tidak pernah kering sepanjang tahun walaupun di musim kemarau. Bahkan air sumur yang ditemukan sejak abad ke-16 tersebut tidak masin seperti kebanyakan sumber air yang berada dekat laut, berjarak sekitar 30 meter dari pantai. (rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel