Bupati Lingga Safari Ramadhan ke Desa Marok Kecil, Berikut Visi Misinya - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Bupati Lingga Safari Ramadhan ke Desa Marok Kecil, Berikut Visi Misinya

Bupati Lingga Safari Ramadhan ke Desa Marok Kecil, Berikut Visi Misinya
Bupati Lingga Bersama Warga Desa

LINGGA, Infokepri.com - Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), di tahun 2022 akan membangun jembatan yang berada di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan - Lingga.

Sehubungan hal tersebut, Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyampaikan bahwa rencana pembangunan jembatan tersebut merupakan usulan dari masyarakat dan pemerintah desa yang telah dilakukan sejak dulu, karena merupakan satu-satunya akses penyeberangan yang sangat vital bagi masyarakat desa, dan diakomodir oleh pemerintah daerah.

"Untuk di Marok Kecil di 2022 ini ada pembangunan jembatan untuk tahap pertama, lebih kurang anggaran Rp 1,5 Miliar digelontorkan untuk pembangunan tersebut," terangnya, saat melakukan Safari Ramadhan ke desa Marok Kecil, (10/4).

Selain itu, ia menyampaikan berbagai rencana pembangunan lainnya, seperti penyambungan pipa air bersih kerumah warga yang diupayakan masuk di APBD-P.

Sebelumnya pada akhir tahun 2021 juga telah meresmikan sarana air bersih untuk desa Marok Kecil, dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 oleh Dinas PUPR Lingga melalui Kementerian PUPR senilai Rp 8,2 Miliar.

Dengan jarak yang cukup jauh sekitar 6 kilometer dari sumber tengki, dan jarak sekitar 16 kilometer yang harus dipersiapkan sarana pipa untuk sampai kerumah warga.

"Insyaallah, mudah-mudahan itu berkisar sekitar Rp 200 Jutaan lebih, diusahakan masuk di APBD-P. Agar warga bisa menikmati fasilitas air sampai kerumah," ungkapnya.

Suasana Safari Ramadhan

Lanjutnya, juga cukup bangga dengan Kecamatan Singkep Selatan, salah satunya dengan telah beroperasinya sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kelapa di Desa Resang. Dengan adanya kerjasama pihak Koperasi Selingsing Jaya Mandiri dengan pemerintah Kabupaten Lingga melalui Disperindagkop, sentra ini telah mengeluarkan hasil produksi yang dijual keluar negeri.

Pelepasan produksi dilakukan pada tanggal 21 dan 25 Maret 2022. Direncanakan pada Mei mendatang akan diadakan MoU dengan BUMD, agar dapat diprioritaskan untuk PAD kabupaten Lingga.

"Saya bangga dan hari ini, kepada Camat dan Kades yang ada di Kecamatan Singkep Selatan. Dan insyaallah, dalam beberapa hari kedepan akan dilakukan lagi pelepasan 1 ton minyak mentah kelapa dengan harga 1 liter Rp 22.000 dengan merk Remala," katanya.

Begitu juga terkait pembangunan lain, akan terus diupayakan menyusul tahun 2023. "Alhamdulillahi rabbil 'alamin, khususnya di Marok Kecil, beberapa pembangunan telah nampak. Semoga itu dapat disyukuri. Mudah-mudahan, dengan rencana pembangunan ditahun 2022 ini, dengan rencana-rencana pembangunan ditahun-tahun depan dipermudahkan dan ibadah puasa yang sedang dijalani dibulan suci ramadhan ini, mendapatkan berkah dan pahala Allah SWT," tutup Bupati Lingga.

Berikutnya, Kepala Desa Marok Kecil, Rusdi mengucapkan terimakasih atas upaya pembangunan yang telah dilakukan pemerintah daerah, terutama terhadap desa yang dia pimpin.

"Masih banyak yang harus dibangun boleh pemerintah daerah, ada 75 desa. Tapi alhamdulilah, Marok Kecil sangat diprioritaskan," pungkasnya. (rdk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel