Babinsa Edi Priono Minta Pembuat Perahu Tradisional Menjaga Kwalitas dan Melestarikannya - Info Kepri -->
Trending News
Loading...
Babinsa Edi Priono Minta Pembuat Perahu Tradisional Menjaga Kwalitas dan Melestarikannya

Babinsa Edi Priono Minta Pembuat Perahu Tradisional Menjaga Kwalitas dan Melestarikannya

 

Babinsa Edi Priono Minta Pembuat Perahu Tradisional Menjaga Kwalitas dan Melestarikannya
Babinsa Desa Pengadah, Serda Edi Priono Melakukan Komsos dengan Pembuat Perahu Tradisional, Rabu (18/05/2022).(Fhoto : Bernard).

NATUNA, Infokepri.com - Babinsa Desa Pengadah, Serda Edi Priono, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna, melaksanakan komunikasi sosial dengan warga binaan di Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Rabu (18/05/2022).

Serda Edi Priono mengatakan, komunikasi sosial merupakan salah satu metode pembinaan teritorial dengan cara menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan keakraban dengan seluruh komponen masyarakat sehingga tercipta hubungan yang baik antara Babinsa dengan warga binaan.

"Oleh karenanya, komunikasi sosial perlu dijaga dan terus ditingkatkan sehingga mampu menumbuhkan kepedulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek dan permasalahan yang muncul di wilayah untuk dicarikan jalan penyelesaiannya," ujar Edi Priono.

Dalam kesempatan ini, Serda Edi Priono melakukan komunikasi sosial dengan Andi yang sedang membuat pompong atau perahu tradisional.

Andi selaku pembuat perahu tradisional menyampaikan, pembuatan perahu tradisional di Desa Pengadah, tidak banyak yang mampu membuat perahu seperti ini karena dibutuhkan keterampilan dan skil khusus.

Dikatakannya, tradisi pembuatan perahu ini merupakan warisan dari leluhur yang diturunkan secara turun temurun kepada generasi selanjutnya.

"Dan pembuatan perahu tradisional ini juga merupakan salah satu mata pencaharian bagi warga Desa Pengadah," ungkap Andi.

Babinsa Edi Priono menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kegigihan dan keterampilan yang dimiliki Andi sebagai pembuat perahu tradisional.

Ia berharap agar pembuatan perahu tradisional tetap ditingkatkan dan dijaga kwalitasnya. Selain menjaga kelestarian budaya bangsa, juga menjadi sumber mata pencaharian warga dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

Tidak lupa, Babinsa mengingatkan Andi dan warga lainnya agar selalu mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Danramil 01/Ranai, Mayor Inf Roganda Simanjuntak mengatakan, sebagai aparat kewilayahan Babinsa harus mampu menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik dengan warga binaan sehingga tercipta kedekatan tanpa jarak dalam pelaksanaan tugas.

"Dengan demikian Babinsa bisa melihat langsung kondisi wilayah binaan yang meliputi data demografi, geografi dan kondisi sosial masyarakat di wilayah  sehingga dapat mencari solusi untuk mengatasi setiap masalah dan kesulitan yang dialami masyarakat," ungkap Danramil.

Di tempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, pengamanan, dan  komunikasi sosial.

"Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna  memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah," kata Hasbul Hasyiek Lubis. (IK/Nard).


   = DARI NATUNA UNTUK INDONESIA =

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel