Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan Senilai Rp 2,2 Miliar,- di Kabupaten Lingga - Info Kepri -->
Trending News
Loading...

Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan Senilai Rp 2,2 Miliar,- di Kabupaten Lingga

 



LINGGA, Infokepri.com
- Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan kepada RT/RW, Operasional Posyandu dan bantuan Transportasi Laut siswa serta penyerahan apresiasi kepada Pelajar berprestasi di Kabupaten Lingga dengan total Rp2,2 miliar, Rabu (25/5).

Lingga menjadi kabupaten kedua di Kepri yang disambangi Gubernur Ansar setelah Karimun dalam agenda yang sama.

Di Lingga, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan tersebut didua lokasi, setibanya di Kabupaten Lingga Gubernur Ansar menyerahkan bantuan di lokasi pertama di Aula Kantor Bupati Lingga, Daik.  Penyerahan bantuan selanjutnya dilaksanakan di Gedung Nasional, Dabo Singkep pada hari yang sama.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, anggota DPRD Kepri Kamarudin Ali, Staf Khusus Gubernur Syarafudin Aluan dan Nazaruddin, Sekdakab Lingga Syamsudi, Plt. Kaban Kesbangpol Lamidi, Kadis Pendidikan Andi Agung, Kadis PMD Dukcapil Misni, Kadispora Muhamad Iksan, Kadis Perkim Said Nurdyahdu, Kabiro Adpim Dody Sepka Noviandy, Camat, RT/RW, Kader Posyandu, Kepala Sekolah,  dan tokoh masyarakat Kabupaten Lingga.

Gubernur Ansar mengatakan apresiasi dan penghargaan kepada RT/RW yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Daerah Provinsi dalam menyampaikan setiap kegiatan/Program Pembangunan memang patut diprioritaskan. 

Namun sama dengan di Karimun, Gubernur Ansar juga meminta maaf kepada perangkat RT/RW di Lingga karena rencana pemberian bantuan kendaraan roda dua belum dapat direalisasikan. Gubernur Ansar mengaku telah berkonsultasi dengan Kemendagri terkait bantuan tersebut, namun terganjal perihal mobilisasi aset. 

"Karena RT dan RW akan terus mengalami pergantian sehingga terkait aset sepeda motor akan berpotensi bermasalah nantinya, yang juga beresiko menyeret perangkat RT dan RW ke masalah hukum. Namun janji tetap kita realisasikan, meskipun dalam bentuk lain" jelas Gubernur Ansar. 

Total bantuan yang diserahkan Gubernur Ansar kepada RT se Kabupaten Lingga sebanyak Rp928 juta yang diberikan kepada 774 orang RT masing-masing menerima Rp1,2 juta. Sedangkan bantuan kepada RW sebanyak Rp381 juta yang diberikan kepada 318 orang RW masing-masing juga menerima Rp1,2 juta. 

Kemudian terkait bantuan operasional posyandu, Gubernur Ansar mengatakan keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak. 

"Imunisasi dasar lengkap wajib diberikan kepada anak. Karena lebih baik kita melakukan usaha pencegahan daripada pengobatan jika terkena penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi" ungkap Gubernur.

Sebanyak 73 posyandu di Kabupaten Lingga yang mendapat bantuan operasional dari Pemprov Kepri dimana masing-masing posyandu mendapat Rp5 juta dengan total Rp365 juta 

Dengan bantuan tersebut Gubernur Ansar berharap semua posyandu dapat kembali berdaya sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat. 

"Kalau posyandu berdaya, maka tugas puskesmas dan rumah sakit akan berkurang. Karena mulai dari ibu hamil, balita, lansia, serta nantinya juga remaja pemeriksaan awalnya ada di Posyandu" kata Gubernur 

Pada kesempatan yang sama Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan kepada siswa untuk Transportasi Laut dengan anggaran sebesar Rp582 juta . Dengan rincian SMA N 1 Senayang, Kecamatan. Senayang sebesar Rp97,2 juta, SMA N 2 Senayang, Kecamatan Katang Bedare sebesar Rp25,2 juta, SMA N 3 Senayang, Kecamatan Bakung Serumpun  sebesar Rp237,9 juta, SMA N 4 Senayang, Kecamatan Temiang Pesisir sebesar Rp56,3 juta, SMA N 1 Lingga Utara, Kecamatan Lingga Utara sebesar Rp83,1 juta, dan SMA N 3 Lingga, Kecamatan Selayar sebesar Rp21,6 juta. 

Bantuan terhadap RT/RW dan operasional Posyandu nantinya akan dikoordinir oleh Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Kepri. Sedangkan bantuan transportasi laut bagi siswa akan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

 (ron)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel